atas1

Pemkab Siapkan Langkah Lindungi HKI Pelaku Industri

Kamis, 20 Jun 2019 | 16:19:21 WIB, Dilihat 332 Kali - Oleh Nila Jalasutra

SHARE


Pemkab Siapkan Langkah Lindungi HKI Pelaku Industri Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sleman bekerjasama dengan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) DIY menyelenggarakan sosialisasi terkait Hak Kekayaan Intelektual (HKI), Kamis (20/6/2019). (istimewa)

Baca Juga : 115 Bintara Resmi Sandang Predikat Prajurit Infanteri


KORANBERNAS.ID--Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Sleman bekerjasama dengan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) DIY menyelenggarakan Sosialisasi terkait Hak Kekayaan Intelektual (HKI) di Aula Paramadhana Kantor Disperindag Sleman, Kamis (20/6/2019).

Penyelenggaraan kegiatan sosialisasi tersebut merupakan salah satu upaya memberikan perlindungan HKI bagi pelaku industri di wilayah Kabupaten Sleman.

“Dari data yang kami himpun, saat ini UKM yang ada di wilayah Sleman di bidang industri ada lebih dari 16.000 UMKM, dan ini cukup besar. Sedangkan secara keseluruhan ada sebanyak 31.000 lebih. Maka dari itu harus ada aturannya,” jelas Dra Tri Endah Yitnani, Kepala Dinas Disperindag Sleman.

Sosialisasi mengenai HKI ini dinilai merupakan hal yang sangat penting. Menurut Tri Endah Yitnani, dengan adanya kemajuan teknologi informasi saat ini, pemasaran tidak hanya dilakukan face to face, tapi juga memaksimalkan fungsi media sosial.

“Pemasaran saat ini tidak hanya face to face, tapi juga dengan online. Maka harus ada benteng atau perlindungan. Jangan sampai kemudian hari ada yang menjiplak produk yang sama akan tetapi harganya jauh berbeda,” ujarnya.

Sosialisasi ini juga lanjutnya merupakan kesempatan bagi Pemkab Sleman yang mendapat dukungan dari Kemenkumham DIY untuk terus memfasilitasi pelaku usaha di wilayah Kabupaten Sleman agar dapat memperhatikan terkait HKI.

Kegiatan yang mengusung tema “Meningkatkan Perekonomian Masyarakat dengan Perlindungan Kekayaan Intelektual” ini diikuti oleh 50 peserta dari pelaku usaha, dan juga kalangan ASN di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sleman.

Keikutsertaan ASN dalam sosialisasi tersebut merupakan langkah Pemerintah Kabupaten Sleman dalam menyetarakan wawasan dan pengetahuan bagi pelaku dan pendamping. Sehingga, akan ada sinergi yang baik antara pendamping atau pembina dengan para pelaku usaha.

Kepala Sub Bidang Kekayaan Intelektual Kator Wilayah Kemenkumham DIY, Vanny Aldilla menyampaikan bahwa penyelenggaraan kegiatan tersebut berlangsung satu hari dengan menghadirkan beberapa nara sumber terdiri dari Kemenkumham, serta dari akademisi. (SM)



Kamis, 20 Jun 2019, 16:19:21 WIB Oleh : Redaktur 895 View
115 Bintara Resmi Sandang Predikat Prajurit Infanteri
Kamis, 20 Jun 2019, 16:19:21 WIB Oleh : Redaktur 592 View
Satgas Pamtas Siap Berangkat ke Merauke
Kamis, 20 Jun 2019, 16:19:21 WIB Oleh : Sholihul Hadi 755 View
Polisi Aktif Pimpin KPK Apa Ruginya?

Tuliskan Komentar