atas1

Pegiat Seni dan Budayawan Peroleh Penghargaan

Rabu, 31 Jul 2019 | 20:38:55 WIB, Dilihat 419 Kali
Penulis : Nila Jalasutra
Redaktur

SHARE


Pegiat Seni dan Budayawan Peroleh Penghargaan Penyerahan penghargaan kepada seniman dan budayawan, Selasa (30/7/2019) malam, di Joglo Gathak Sumberagung Moyudan Sleman. (istimewa)

Baca Juga : Pencuri Nafkahi Keluarganya dengan Uang Receh


KORANBERNAS.ID -- Berbagai atraksi seni pertunjukan dari beberapa sanggar binaan Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman, Selasa (30/7/2019) malam, memeriahkan Joglo Gathak Sumberagung Moyudan.

Kegiatan yang didanai menggunakan Dana Keistimewaan (Danais) ini merupakan pelaksanaan Program Kegiatan Pembinaan Lembaga Pegiat Seni, berupa pembinaan kepada Sanggar “Larassanti”.

Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman, HY Aji Wulantara SH Mhum, menyampaikan berbagai jenis atraksi yang diperagakan anggota komunitas Sanggar “Larassanti” dinikmati tamu undangan dan masyarakat setempat.

Di antaranya Tari Pudyastuti, Tari Bang Ceng, Tari Pulung Sangkrah, Tari Kuda Sembada, Tari Walang Kekek, dan Teater “Keris Empu Djeno” dari Sanggar “Larassanti”.

Ditampilkan pula Tari Bondan dari Sanggar “Ngrancang Kencana”, Tari Kiblat Papat Lima Pancer dari Sanggar “Mila Art Dance” dan Bregada “Julung Luwono” dari Brangwetan Sumberagung Moyudan.

Dalam kesempatan itu dianugerahkan Penghargaan Tingkat Kabupaten Sleman bagi seniman dan budayawan.

Mereka adalah Pelestri Cagar Budaya Yayasan Panti Asih Pakem, Pelestari Pelaku Tradisi Budaya H Tugiran BA, Seniman Cermo Suprobo, Budayawan Dr Y Argo Trikomo, Kreator Mila Rosinta Toto Atmojo.

Ada juga Maestro Budiman dan generasi muda berprestasi di bidang Kebudayaan Sahasrarapadma Hangga Arwina. Masing-masing mendapat piagam, uang pembinaan dan plakat.

Asisten Sekda I Purwatno Widodo SH CN menyampaikan ucapan selamat kepada penerima penghargaan yang selama ini sudah berkontribusi menjaga dan melestarikan budaya.

Menurut dia, penghargaan ini tidak sebanding nilainya dengan dedikasi dan kerja keras para seniman dan budayawan nguri-uri budaya sebagai salah satu aset kekayaan Kabupaten Sleman.

“Pemerintah menyampaikan penghargaan ini sebagai bentuk nyata apresiasi dan kepedulian kepada para seniman dan budayawan,” ujarnya.

Dia sepakat, budaya termasuk salah satu aset sekaligus modal dasar masyarakat serta daerah untuk penguatan jati diri bangsa. Banyak nilai budaya sarat akan kearifan lokal.

Seperti halnya gotong royong yang mempercepat akselerasi pembangunan, budaya tepa selira yang dapat menciptakan kondusivitas serta nilai-nilai budi pekerti atau unggah-ungguh untuk membentengi masyarakat dari pengaruh budaya luar yang bersifat negatif.

“Upaya menjaga budaya dari pengaruh serta unsur-unsur yang merusak budaya lokal tidak dapat dilakukan oleh pemerintah sendiri,” ucap dia.

Diperlukan kontribusi dan keikutsertaan dari masyarakat sebagai pengembang budaya. Mereka harus berperan melestarikan dan menjaga budaya lokal yang sarat nilai-nilai luhur.

Dengan demikian terjadi proses regenerasi untuk kelangsungan tumbuh kembangnya budaya lokal di masa mendatang. (sol)



Rabu, 31 Jul 2019, 20:38:55 WIB Oleh : Nanang WH 448 View
Pencuri Nafkahi Keluarganya dengan Uang Receh
Rabu, 31 Jul 2019, 20:38:55 WIB Oleh : Nila Jalasutra 570 View
Saya Lihat Merapi Sangat Dekat Sekali..
Rabu, 31 Jul 2019, 20:38:55 WIB Oleh : Nila Jalasutra 569 View
SD Muhammadiyah Condongcatur Wakili DIY ke Lomba Tingkat Nasional

Tuliskan Komentar