atas1

PDAM Klaten Kebut Pasang Jaringan

Selasa, 30 Apr 2019 | 18:35:22 WIB, Dilihat 755 Kali - Oleh Masal Gurusinga

SHARE


PDAM Klaten Kebut Pasang Jaringan Pekerjaan memasang jaringan PDAM di pinggir jalan antara Desa Karanglo dengan Desa Polan Kecamatan Polanharjo. (masal gurusinga/koranbernas.id)

Baca Juga : Arif Sugiyanto Resmi Jabat Wakil Bupati Kebumen


KORANBERNAS.ID -- Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Merapi Kabupaten Klaten mempercepat pemasangan jaringan air bersih dari Umbul Sigedang Desa Ponggok Kecamatan Polanharjo ke reservoir di Desa Turus Kecamatan Polanharjo.

Upaya itu dilakukan untuk memenuhi kebutuhan air bersih bagi calon pelanggan di wilayah Kecamatan Juwiring dan Karangdowo.

Pemasangan jaringan tersebut ditargetkan selesai tahun ini sehingga tahun depan pelanggan di dua wilayah tersebut terlayani air bersih.

Direktur Tehnik PDAM Tirta Merapi Klaten, Sigit Setyawan, mengatakan di wilayah Kecamatan Karangdowo khususnya Desa Demangan, warga dihadapkan pada masalah air bersih. “PDAM belum memiliki jaringan ke sana,” ujarnya Selasa (30/4/2019).

Selama ini warga di desa itu memenuhi kebutuhan sehari-hari dengan membeli air bersih dari daerah lain. Sebab air dari sumur dan dari program pamsimas yang ada di sana hanya bisa digunakan mandi dan mencuci karena terasa asin.

Mengingat wilayah kedua kecamatan itu yang cukup jauh dari sumber air dan warga berminat menjadi pelanggan, PDAM kemudian memprogramkan pemasangan jaringan. Biayanya tidak sedikit.

"MoU dengan Pemerintah Desa Ponggok sudah kami lakukan pada 2018. Mudah-mudahan tahun 2020 warga disana sudah tercover air bersih," kata Sigit.

Memang dalam MoU tersebut, PDAM  tidak bebas memanfaatkan air bersih dari Umbul Sigedang. PDAM justru dibatasi memanfaatkan air hanya 30 liter per detik.

Menindaklanjuti MoU tersebut, kegiatan awal dilakukan dengan penataan kawasan sumber air. Setelah penataan selesai pada 2018 dilanjutkan pemasangan jaringan ke reservoir.

Kelak setelah seluruh jaringan terpasang dan air mengalir ke reservoir akan dilanjutkan pemasangan jaringan ke lokasi.

Bahkan air dari reservoir di Desa Turus Polanharjo itu nantinya bisa digunakan untuk sebagian wilayah Cawas.

Kepala Desa Ponggok, Junaedhi Mulyono, saat dikonfirmasi menyatakan benar telah ada MoU antara Pemerintah Desa Ponggok dengan PDAM Tirta Merapi Klaten. (sol)



Senin, 29 Apr 2019, 18:35:22 WIB Oleh : Nanang WH 952 View
Arif Sugiyanto Resmi Jabat Wakil Bupati Kebumen
Senin, 29 Apr 2019, 18:35:22 WIB Oleh : Nila Jalasutra 475 View
Warga Desa Ini Dilarang Merokok Dalam Rumah
Senin, 29 Apr 2019, 18:35:22 WIB Oleh : Redaktur 588 View
Pukulan Karatenya Terlalu Keras, Ny Fernawati Jadi Atlet Tinju Berprestasi

Tuliskan Komentar