ormas-pegang-peran-penting-awasi-pemiluWakil Bupati Sleman Danang Maharsa membuka seminar “Peran Ormas Dan LSM dalam Mengawal Pemilu yang Berkualitas di Kabupaten Sleman", Selasa (27/9/2022). (istimewa)


Nila Hastuti
Ormas Pegang Peran Penting Awasi Pemilu

SHARE

KORANBERNAS.ID, SLEMAN -- Menghadapi Pemilu Serentak 2024, Pemerintah Kabupaten Sleman melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) mengadakan seminar dengan tema “Peran Ormas dan LSM dalam Mengawal Pemilu yang Berkualitas di Kabupaten Sleman", Selasa (27/9/2022), di Rumah Makan Pringsewu, Mlati, Sleman.


Kegiatan yang dihadiri sejumlah pengurus Organisasi masyarakat (Ormas) dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) ini dibuka langsung oleh Wakil Bupati (Wabup) Sleman, Danang Maharsa.


Danang menyebutkan Ormas dan LSM memegang peran yang sangat penting mengawal serta mengawasi jalannya Pemilu. Ormas dan LSM juga diharapkan dapat ikut terlibat secara aktif sebagai penyelenggara pemilu, baik di Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) maupun sebagai pengawas di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

"Harapan saya, nanti perwakilan Ormas dan LSM ini nanti dapat menginformasikan terkait hasil seminar kita kali ini, sehingga Pemilu Serentak 2024 nantinya dapat berjalan sukses," kata Danang.


Achmad Raharjo dari Badan Kesbangpol Sleman mengatakan kegiatan ini bertujuan guna meningkatkan sinergitas antara Ormas dan LSM dengan Pemerintah Kabupaten Sleman serta stakeholder lainnya dalam mewujudkan Pemilu yang berkualitas dan berintegritas.

Ormas dan LSM yang masuk kategori Non-Governmental Organization (NGO) memegang peranan penting sebagai pilar demokrasi. Keterlibatannya dinilai penting dalam membangun demokrasi di Indonesia terutama dalam rangka mengawasi kebijakan-kebijakan yang dibuat oleh pemerintah.

"Hal ini dapat dimaknai sebagai kesadaran politik warga negara untuk turut bertanggung jawab menciptakan sistem dan produk politik yang bersih dan sehat," jelasnya. (*)


TAGS: Kesbangpol  Sleman 

SHARE
'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini