negeri-ini-butuh-hadirnya-sosok-ibrahimSeorang bocah menunggu dimulainya Salat Idul Adha 1440 H di Lapangan Minggiran Yogyakarta, Minggu (11/8/2019). (sholihul hadi/koranbernas.id)


sholihul

Negeri Ini Butuh Hadirnya Sosok Ibrahim

SHARE

KORANBERNAS.ID – Ribuan umat muslim di Yogyakarta, Minggu (10/8/2019) pagi, khusyuk dan khidmat menjalankan salat Idul Adha  1440 H.

Sejak pagi, warga berbondong-bondong menuju lokasi Salat Id yang disediakan oleh Panitia Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) di masing-masing wilayah, salah satunya PHBI Kecamatan Mantrijeron yang menyelenggarkan saat Id di Lapangan Minggiran.


Baca Lainnya :

Di tempat itu, bertindak selaku imam dan khatib Salat Id H Aly Aulia  Lc M Hum. Dia adalah Direktur Madrasah Mu’alimin Muhammdiyah Yogyakarta.

Dalam khutbahnya, Aly Aulia yang juga Sekretaris Divisi Quran Hadis Majelis Tarjih dan Tajdis PP Muhammadiyah itu menyampaikan Idul Adha merupakan hari raya yang istimewa.


Baca Lainnya :

Idul Adha tidak bisa dilepaskan dari ikon manusia yang begitu dekat, patuh dan taat kepada Allah SWT, yaitu Nabi Ibrahim.

“Ibrahim memperoleh gelar Khalilullah atau kekasih Allah. Dialah manusia pertama yang mendapat ujian pengorbanan dari Allah SWT,” ujarnya.

Nabi Ibrahim harus menunjukkan ketaatannya yang totalitas dengan menyembelih putra kesayangannya yang dinanti kelahirannya sekian lama. Allah SWT menggantinya dengan seekor domba.

Korelasinya dengan situasi dan kondisi Indonesia saat ini, menurut dia, dibutuhkan sosok-sosok Ibrahim yang mau berkorban untuk kemaslahatan banyak orang.

“Negeri ini sangat membutuhkan hadirnya sosok Ibrahim yang siap berbuat untuk kemaslahatan orang banyak meskipun harus mengorbankan apa yang dicintainya,” ujarnya.

Usai salat Id, umat Muslim kemudian berhimpun di masjid-masjid, mushala maupun halaman rumah warga, untuk melakukan penyembelihan hewan kurban. (sol)



SHARE

BERITA TERKAIT

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini