atas1

Motivasi Penyuluh dengan Upsus Pajale

Kamis, 11 Apr 2019 | 23:14:57 WIB, Dilihat 599 Kali - Oleh Redaktur

SHARE


Motivasi Penyuluh dengan Upsus Pajale Rakor Upsus Pajale, Selasa (9/4/2019) di Rumah Makan Sop Ari 2 Kebumen. (istimewa)

Baca Juga : Audit Internal Tingkatkan Mutu Kampus


KORANBERNAS.ID -- Sebagai penanggungjawab program Upaya Khusus Padi, Jagung, Kedelai (Upsus Pajale)Kabupaten Kebumen, Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta Magelang (Polbangtan Yo-Ma) menyelenggarakan rapat koordinasi (rakor) Upsus Pajale, Selasa (9/4/2019) di Rumah Makan Sop Ari 2 Kebumen. Rakor dihadiri oleh Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kebumen, Komandan Kodim 0709 Kebumen dan petugas data dari 26 kecamatan.

Rakor kali ini bertujuan untuk melakukan evaluasi capaian luas tambah tanam (LTT) padi pada periode Oktober 2018 sampai Maret 2019. Selain itu persiapan LTT periode April sampai September 2019.

Pada pertemuan tersebut, hadir mewakili Direktur Polbangtan Yo-Ma, Ir Ali Rachman MSi.

Ali menyampaikan kesuksesan program Upsus Pajale tergantung dari dukungan semua pihak baik dinas pertanian, penyuluh pertanian tingkat kecamatan dan babinsa. Program Upsus Pajale bertujuan untuk mempertahankan dan meningkatkan produksi Pajale guna menjamin pasokan pangan masyarakat Indonesia yang saat ini kurang lebih sudah mencapai 269 juta jiwa.

"Mari kita bersama-sama mendukung program UPSUS Pajale dengan semakin giat lagi dalam mendampingi petani," ungkap dosen Polbangtan YOMA tersebut.  

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kebumen Puji Rahayu menyampaikan, April 2019, Kabupaten Kebumen memiliki target LTT seluas 16.500 ha. Capaian Oktober 2018 s.d Maret 2019 adalah 46.892 ha.

Dalam upaya mendorong pencapaian target tersebut, penyuluh pertanian memiliki peran yang sangat penting dalam memotivasi petani.

"Kami harapkan pendampingan petani oleh petugas di kecamatan selalu digiatkan khususnya dalam memovitasi kepala desa dan ketua kelompok tani agar dapat tanam serempak dan tepat waktu", ungkapnya.

Pihaknya meminta para petugas yang bekerja di dunia pertanian harus menghayati pekerjaannya sehingga perlu dinikmati. Sebab peran petugas pertanian di tingkat kecamatan sangat diperlukan oleh petani atau masyarakat.

TNI selaku bagian dari tim sukses program UPSUS Pajale menyampaikan dukungannya, sebagaimana telah disampaikan oleh Komandan Kodim 0709/Kebumen dalam sambutannya. Kodim 0709/Kebumen selalu mendukung kegiatan UPSUS Pajale seperti pendampingan dalam penyaluran benih, pupuk dan alsintan pada kelompok tani, pendampingan gerakan perbaikan jaringan irigasi, tanam serentak dan pengendalian OPT.

Selain tu pendampingan introduksi varietas unggul baru melalui pelaksanaan Demfarm (Kodim Demplot), pendampingan penerapan teknologi peningkatan produksi padi, jagung dan kedelai (Pengolahan lahan, penanaman, pemeliharaan dan panen). Penyusunan dan penyampaian laporan kegiatan pendampingan.

Komandan Kodim 0709/Kebumen menegaskan bahwa jajarannya telah menempatkan babinsa di tingkat desa untuk membantu mensukseskan program UPSUS. Untuk itu, diharapkan Babinsa dan Penyuluh Pertanian dapat bekerja bersama-sama, bersinergi dalam mendampingi petani.(*/yve)



Kamis, 11 Apr 2019, 23:14:57 WIB Oleh : Redaktur 474 View
Audit Internal Tingkatkan Mutu Kampus
Kamis, 11 Apr 2019, 23:14:57 WIB Oleh : Yvesta Putu Sastrosoendjojo 627 View
Jauh-jauh ke Korsel, Stipram Juara
Kamis, 11 Apr 2019, 23:14:57 WIB Oleh : Redaktur 634 View
Mahasiswa Stipram Kembangkan Sirup Salak

Tuliskan Komentar