atas1

Mengenang Korban Gempa dengan Jalan Malam

Minggu, 26 Mei 2019 | 14:00:03 WIB, Dilihat 807 Kali
Penulis : Sari Wijaya
Redaktur

SHARE


Mengenang Korban Gempa dengan Jalan Malam Pelepasan peserta Country Road tanggap bencana PMI Bantul divisi 4 x4 di Halaman Kantor PMI Jalan Jenderal Sudirman,Sabtu (25/5/209) malam. (Sari Wijaya/koranbernas.id)

Baca Juga : Korem Wijayakusuma Tak Henti Bagikan Takjil Gratis


KORANBERNAS.ID -- Country Road tanggap bencana PMI Bantul Divisi 4 X4 digelar,Sabtu (25/5/2019) malam. Pelepasan 50 mobil  peserta dilakukan Wakil Bupati Bantul,H Abdul Halim Muslih,Ketua IOF DIY Dewata Eka Putra,Ketua PMI DIY GBPH Prabu Kusumo,Ketua PMI Bantul H Wirmon Samawi,Dewan Kehormatan PMI Bantul Sunarto SH MM serta Muspika Bantul dengan pengibaran bendera star.  Disaksikan pula anggota DPRD Bantul Datien Wiranata dan Eko Sutrisno Aji.

Sebelumnya semua peserta mengheningkan cipta dipimpin Wakil Bupati dan memanjatkan doa bagi para korban gempa 27 Mei 2006 silam. Selanjutnya mobil  secara berurutan bergerak menuju Pantai Goa Cemara dan melakukan acara sahur bersama di tepi pantai.

Ketua PMI Bantul H Wirmon Samawi dalam sambutanya mengatakan kegiatan Country Road malam tanggap bencana divisi 4x4 menempuh jarak dari PMI Bantul hingga pantai Goa Cemara.

"Kegiatan ini untuk mengenang dan mendoakan korban gempa 2006 silam. Dimana tempat ini jadi saksi bisu banyaknya korban yang jatuh 13 tahun silam. Selain juga kegiatan  untuk merekatkan hubungan antara IOF dengan PMI Bantul,  "katanya.

Selama ini, lanjut Wirmon  kolaborasi PMI dan IOF juga sudah terjalin dalam penanganan  gempa di beberapa tempat.Selain Bantul juga gempa  Padang dan Aceh, Lombok, Banten serta Lampung.

"Dengan kegiatan ini diharapkan persahabatan semakin erat dan kami saling membantu. Karena salah satu fungsi 4 x4 sangat penting untuk melewati jalan-jalan yang sulit, saat penanganan gempa ataupun distribusi bantuan," katanya.

Ketua IOF DIY, Dewata Eka Putra dalam sambutanya mengatakan jika IOF adalah organisasi yang bukan sekedar off roaf namun lebih pada kegiatan sosial bahkan 75 persen.Sisanya 25 persen adalah hobi tadi.

"Maka disini ada kesamaan antara IOF dengan 4 x4 PMI, disana ada unsur kemanusiaan. Sehingga kita jalin sinergi dan kebersamaan," tandasnya.

Gusti Prabukusumo dalam sambutanya mengatakan jika 4x4 banyak kontribusi yang sudah dilakukan seperti saat tanggap bencana.

"Termasuk saat banjir di Imogiri,wilayah Sompok  beberapa waktu lalu saya ditolong naik turun sungai dengan 4x4.Ini sangat membantu sekali bagi kami," paparnya

Ke depan diharapkan 4x4 bisa benar-benar tanggap bencana.

"Kendati kita tidak pernah berharap adanya bencana, namun saya berharap jika ada sesuatu yang tidak dikehendaki mereka yang tahu jalan-jalan di Bantul. Termasuk juga untuk penanganan lakalantas, bencana angin puting beliung, pohon tumbang dan lainya. Dan disini kami anggap PMI ini merupakan  relawan terbaik dan belum pernah dilakukan oleh provinsi lain.Yakni menyedot sumur dan septik tank di Imogiri saat banjir lalu," lanjutnya.

Selain itu di  PMI Sleman juga ada 1000 pack darah yang telah ditanggung APBD yakni senilai  Rp  3,6 miliar.

"Jadi berapapun warga Sleman butuh darah,maka tidak harus keluar biaya. Dan saya meyakinkan kepada anggota DPRD bahwa darah sangat penting seperti  untuk kepentingan operasi besar,kecil,talasemia,cuci darah dan hal lain yang sangat tergantung pada darah. Maka ketika itu tercover APBD sangat membantu masyarakat," katanya.

Wabup H Abdul Halim Muslih mengatakan bahwa PMI sebagai salah satu organisasi pusat relawan sudah menunjukan kiprah secara positif.

"Ini sungguh meringankan beban bukan hanya masyarakat namun juga pemerintah. Untuk itu teruslah menjadi orang baik,teruslah menjadi relawan.Terus junjung rasa kemanusiaan kita," kata Wabup. (yve)



Sabtu, 25 Mei 2019, 14:00:03 WIB Oleh : Redaktur 867 View
Korem Wijayakusuma Tak Henti Bagikan Takjil Gratis
Sabtu, 25 Mei 2019, 14:00:03 WIB Oleh : Sholihul Hadi 836 View
Kala Anak-anak Panti Asuhan Merindukan Gajah
Sabtu, 25 Mei 2019, 14:00:03 WIB Oleh : Masal Gurusinga 824 View
Pemkab Klaten Tambah Armada Bus Lebaran

Tuliskan Komentar