atas

Melihat Kiprah KSM Alam Lestari Tangani Sampah

Kamis, 04 Apr 2019 | 23:00:21 WIB, Dilihat 397 Kali - Oleh Masal Gurusinga

SHARE


Melihat Kiprah KSM Alam Lestari Tangani Sampah Pengelola TPS 3R Alam Lestari Desa Kedungampel menimbang sampah kaca yang dijual. (masal gurusinga/koranbernas.id)

Baca Juga : Tiara Kusuma Baksos Potong Rambut Massal


KORANBERNAS.ID -- Sampah bagi banyak orang identik dengan sesuatu yang tidak bermanfaat dan berkonotasi buruk. Sebenarnya, sampah bisa diolah dan dikelola dengan baik bahkan memiliki nilai ekonomis.

Itulah yang dilakukan Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) TPS 3R (Reduce, Reuse, Recycle) Alam Lestari Desa Kedungampel Kecamatan Cawas Kabupaten Klaten. Meski operasional KSM itu baru 5 Februari lalu namun kiprahnya menangani permasalahan sampah terbukti membuahkan hasil.

"Prinsip kami lingkungan bersih dan pencemaran bisa diminimalisasi. Perkembangbiakan nyamuk sumber penyakit juga bisa diatasi," kata Sutrisno dan Sunarta, pengelola TPS 3R Desa Kedungampel Cawas, baru-baru ini.

KSM TPS 3R Alam Lestari dibentuk usai gedung TPS 3R bantuan Pemkab Klaten selesai dibangun pada Desember 2018. Selain bantuan gedung, turut pula diserahkan satu unit mobil pikap, mesin pencacah dan pemilah sampah.

Aktivitas di gedung TPS 3R Alam Lestari Desa Kedungampel. Petugas memilah dan mencacah sampah organik dengan mesin. (masal gurusinga/koranbernas.id)

Ditemui di gedung TPS 3R Alam Lestari, Sutrisno dan Sunarta mengakui mereka tetap menjunjung tinggi komitmen menangani permasalahan sampah di desanya. Setiap hari mereka keliling kampung mengambil sampah warga dengan mobik pikap Grand Max bantuan Pemkab Klaten.

Mengingat produksi sampah warga tidak sedikit, mereka juga bisa sekaligus menyelesaikan tugas. Kadang kala proses pengambilan sampah dilakukan dua sampai tiga kali sehari.

Sampah kemudian dibawa ke gedung TPS 3R untuk diolah, dipilah dan dicacah. Sampah organik seperti daun diolah menjadi pupuk organik. Sedangkan kaca dan plastik dipilah untuk dijual.

Saat ini pengelola TPS 3R Alam Lestari beranggotakan lima personel. Mereka selama sembilan bulan dibina Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kabupaten Klaten dan diberi honor setiap bulan.

Untuk menopang operasional KSM TPS 3R, warga yang sampahnya diambil petugas dikenai retribusi Rp 5 ribu per bulan. Biaya retribusi tersebut jauh lebih ringan dibanding retribusi sampah di perkotaan.

Meski demikian petugas TPS 3R tidak mempersoalkan karena komitmen mereka menciptakan lingkungan yang bersih.

Memang, kiprah yang telah diperlihatkan pengelola KSM TPS 3R Alam Lestari membutuhkan komitmen semua pihak dan pengelola TPS. Sebab mencari personel yang benar-benar mau menggeluti masalah persampahan sangat sulit.

Pemkab Klaten melalui DLHK tidak kurang-kurangnya memfasilitasi dengan memberikan honor kepada pengelola dan membantu biaya operasional seperti membayar rekening listrik dan bahan bakar mesin.

Begitu juga dengan Pemerintahan Desa Kedungampel yang selalu mendorong pengelola TPS 3R Alam Lestari untuk tetap semangat dalam menjaga lingkungan yang bersih.

Kepala Desa Kedungampel, Tumirin (kanan) mendampingi Camat Cawas, Sofan dan Kepala Dinas LHK Srihadi menerima kunjungan rombongan Camat Karawang Barat. (masal gurusinga/koranbernas.id)

Pemdes Kedungampel juga telah mensosialisasikan dan mengimbau warga mengurangi pemakaian sampah plastik.

"Kami sudah memberikan contoh kepada warga untuk mengurangi sampah plastik. Caranya jika ada acara dan membutuhkan snack maka tidak dibungkus plastik. Begitu juga minuman tidak menggunakan bungkus plastik melainkan memakai gelas. Jadi sampah plastik bisa dikurangi," jelas Tumirin, Kepala Desa Kedungampel.

Keberhasilan KSM Alam Lestari Desa Kedungampel menangani dan mengelola sampah justru menjadikan desa ini sebagai tempat studi banding rombongan Camat Karawang Barat dipimpin Lasminigrum SH, beberapa waktu lalu.

Dalam kunjungannya yang juga diikuti Lurah Mekarjati dan perangkatnya itu, Camat Karawang Barat Lasminingrum SH ingin berbagi pengalaman penanganan dan pengelolaan sampah di Desa Kedungampel. (sol)



Kamis, 04 Apr 2019, 23:00:21 WIB Oleh : Endri Yarsana 260 View
Tiara Kusuma Baksos Potong Rambut Massal
Kamis, 04 Apr 2019, 23:00:21 WIB Oleh : Endri Yarsana 301 View
Gedung Wisnu Parakan Saksi Kejayaan Masa Lalu
Kamis, 04 Apr 2019, 23:00:21 WIB Oleh : Sholihul Hadi 1537 View
Rizal Ramli Optimistis Indonesia Jadi Negara Maju

Tuliskan Komentar