atas1

Makin Besar Peluang Airlangga Terpilih Lagi
Golkar Jateng Beri Dukungan Disertai Tiga Permintaan

Sabtu, 03 Agu 2019 | 00:25:56 WIB, Dilihat 480 Kali
Penulis : Sholihul Hadi
Redaktur

SHARE


Makin Besar Peluang Airlangga Terpilih Lagi Penyerahan surat resmi deklarasi dukungan DPD Partai Golkar Jateng kepada Airlangga Hartarto, Jumat (2/8/2019) malam. (sholihul hadi/koranbernas.id)

Baca Juga : Nikmatnya Saus Rendang di Atas Barbeque Korea


KORANBERNAS.ID – Peluang Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto terpilih lagi memimpin partai berlambang pohon beringin masa bakti 2019-2024 semakin besar.

Hal ini mengingat dukungan dari DPD I maupun DPD II untuk mengusung Airlangga Hartarto yang juga Menteri Perindustrian itu ke ajang Musyawarah Nasional (Munas) Partai Golkar pada Desember 2019 bertambah kuat.

Menyusul beberapa provinsi sudah lebih dulu mendeklarasikan dukungannya, giliran DPD Partai Golkar Jawa Tengah (Jateng) bersama DPD Partai Golkar DIY mendeklarasikan dukungan serupa.

Tidak tanggung-tanggung acara deklarasi yang berlangsung Jumat (2/8/2019) malam di Hotel Grand Aston Yogyakarta kali ini dihadiri langsung para pucuk pimpinan DPP termasuk ketua DPD Jawa Barat, Jawa Timur, Sumatra Utara dan DKI Jakarta.

Dari DPP antara lain Agus Gumiwang Kartasasmita yang juga Menteri Sosial RI, Ketua Dewan Pakar Agung Laksono maupun Wakil Dewan Kehormatan Akbar Tandjung. Tampak mendampingi, anggota DPR RI dari Partai Golkar DIY, Gandung Pardiman.

Kemudian, ada pula Lodewijk, Ibnu Munzir, Roem Kono, Happy Bone, Rizal Malarangeng, Dedi Mulyadi, Dito Ganinduto, Adies Kadir, Agoes Silaban, Yahya Zaini, Heru Dewanto, Doli Kurnia, Agung Laksono, Fahmi Idris, Christina, Meutya H, Muhidin dan Oding.

Selaku tuan rumah, Ketua DPD Partai Golkar DIY Haryadi Suyuti saat menyambut para tamunya mengatakan Partai Golkar adalah partai yang solid dan tidak mudah digoyang.

“DIY goyangannya sudah sejak dari awal. Kita mendeklarasikan dukungan komplet saat hadir di Jakarta, mendukung Pak Airlangga dan kepengurusan yang akan datang,” ujarnya.

Menurut dia, dukungan dari DIY terbilang istimewa karena tidak semata-mata berasal dari DPD I dan DPD II tetapi sampai tingkat PK (Pimpinan Kecamatan). “Jogja dukungannya istimewa. Tidak leda-lede. Istikomah dan solid untuk Pak Airlangga,” ujar Walikota Yogyakarta ini.

Deklarasi dukungan untuk Airlangga Hartarto. (sholihul hadi/koranbernas.id)

Ketua DPD Partai Golkar Jateng, Wisnu Suhardono, menegaskan dari 35 kabupaten/kota di provinsi itu, semua pimpinan DPD II hadir di Yogyakarta, kecuali tiga DPD absen.

“Ini kehormatan bagi saya diminta Golkar DIY untuk deklarasi. Hasil Rapat Pleno yang diperluas pada 16 Juli 2019 keputusannya mengikat. Sepakat seluruh DPD II  Jateng mendukung, mengusung dan memenangkan Pak Airlangga Hartarto,” kata dia.

Jateng memberikan dukungan penuh tanpa reserve atau cadangan. “Tentu dukungan ini bukan cek kosong. Tetapi ada tiga permintaan,” ungkap Wisnu disambut tawa.

Tiga permintaan itu adalah pengelolaan partai harus diperbaiki, perlu ada perbaikan secara destruktif dan konstruktif serta prospek kepemimpinan 2020 terkait Pilkada.

“Saya sudah dua kali memimpin Golkar Jawa Tengah. Setelah deklarasi ini mohon kami jangan disibukkan rencana-rencana heboh Munas. Dari 21 pilkada di Jawa Tengah, 5 sudah tersusun dan 1 insyallah mengusung calon sendiri,” ungkapnya.

Wisnu mengakui memimpin Golkar Jateng rasanya sakit karena begitu kuatnya sebelah. Dia merasakan yang terjadi pada 17 April silam di provinsi itu seperti bukan pemilu tetapi pemungutan suara.

Dari target sejumlah 14 kursi DPR RI tercapai 11 kursi. “Saya kecewa. Ini perlu kita perbaiki,” ucap dia.

Dia juga mengakui, kekuatan Partai Golkar di Jateng masih dirasakan luar biasa apalagi di daerah-daerah tertentu sebut saja Klaten, Demak, Pekalongan, Batang.

Ke depan dia ingin Partai Golkar mampu mengusung capres sendiri. “Seandainya mengusung capres, Pak Airlangga patut. Apa harus ketua umum?” ujarnya bertanya.

Pertanyaan itu kemudian dia jawab sendiri.

“Tidak harus. Tetapi kalau ketua umum bargaining-nya lebih kuat,” kata Wisnu disambut aplaus rekan-rekannya.

Airlangga Hartarto melayani wawancara dengan media usai acara deklarasi. (sholihul hadi/koranbernas.id)

90 Persen

Dalam kesempatan itu, Agung Laksono selaku Ketua Dewan Pakar Partai Golkar meyakini Airlangga mampu memimpin kembali Partai Golkar.

“Deklarasi dukungan dari Jateng dan DIY ini saya hitung sudah 90 persen. Kita harus menjadikan Pak Airlangga menang bermartabat. Selamat untuk Pak Airlangga, sampai bertemu lagi pada Munas Desember 2019,”  tandasnya.

Menurut Agung, syarat untuk membesarkan kembali kejayaan Partai Golkar adalah menjaga iklim yang kondusif, kompak, menjaga persatuan dan kesatuan.

“Orang mengatakan banyak pemimpin parpol asal usulnya dari Golkar. Mari jadikan kembali Partai Golkar sumber kader bangsa,” ajaknya.

Sedangkan Akbar Tanjung menyatakan dukungan ini merupakan modal amat penting bagi Airlangga untuk melanjutkan kepemimpinannya.

Apabila terpilih, Airlangga harus membawa misi pemilu 2024 Partai Golkar menjadi pemenang.

“Ini fakta, kita pernah menjadi pemenang. Pesan ini saya sampaikan juga untuk semua pengurus. Saya yakin, kita bisa kembali menjadi pemenang. Siapkan sistem pendidikan dan perekrutan kader secara sungguh-sungguh,” saran Akbar.

Usai menerima dukungan seraya menyebut Akbar Tanjung sebagai Ketua Golkar yang legendaris, Airlangga menyatakan dirinya siap menerima dukungan itu.

“Siap. Sanggup. Waras, itu yang paling penting. Insyaallah amanah ini saya pegang untuk kejayaan Partai Golkar,” ucap dia.

Tak lupa Airlangga mengingatkan seluruh pimpinan DPD agar senantiasa memegang prinsip konsep kepemimpinan Tribrata, yaitu rumangsa melu handarbeni, melu hangrungkebi dan mulat salira hangrasawani. “Partai Golkar ini bukan punya saya, tetapi punya kita semua,” kata dia.

Ke depan, dia ingin memaksimalkan konsolidasi organisasi dan kaderisasi supaya parpol yang dia pimpin saat ini lebih banyak lagi memiliki kader militan.

Golkar, lanjut dia, merupakan satu-satunya parpol di Indonesia yang paling banyak menghasilkan doktor. Itulah kenapa Golkar dikenal punya banyak kader di pemerintahan. (sol)



Jumat, 02 Agu 2019, 00:25:56 WIB Oleh : Muhammad Zukhronnee Ms 549 View
Nikmatnya Saus Rendang di Atas Barbeque Korea
Jumat, 02 Agu 2019, 00:25:56 WIB Oleh : Muhammad Zukhronnee Ms 527 View
Rofa Band Ajak Tebarkan Cinta
Jumat, 02 Agu 2019, 00:25:56 WIB Oleh : Muhammad Zukhronnee Ms 5568 View
Lampor, Kisah Mengerikan yang Terlupakan

Tuliskan Komentar