mahasiswa-stipram-kembangkan-sirup-salakWarga Dusun Pancoh, Desa Girokerto, Kecamatan Turi, Kabupaten Sleman memperlihatkan sirup salak yang dikembangkan bersama mahasiswa KKN Stipram, kemarin. (istimewa)


redaktur

Mahasiswa Stipram Kembangkan Sirup Salak

SHARE

KORANBERNAS.ID -- Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) program studi Hospitality Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo Yogyakarta (Stipram) mengembangkan program pemberdayaan masyarakat di Dusun Pancoh, Desa Girokerto, Kecamatan Turi, Kabupaten Sleman. Salah satunya dengan membantu penduduk setempat membuat sirup dari salak.

Program ini digagas untuk mengimplementasikan segala pengetahuan yang diperoleh di bangku kuliah. Selama ini Dusun Poncoh menjadi salah satu desa wisata penghasil salak salak pondoh.


Baca Lainnya :

Warga desa membuat produk makanan olahan salak seperti salak wingko, roll egg salak dan produk makanan lainnya. Melihat potensi yang dimiliki tersebut, mahasiswa S1 Stipram pun menggagas sebuah inovasi baru yang berbeda dari sebelumnya yaitu membuat sirup salak.

Penggagas ide pembuatan sirup salak, Nana Lubna, kemarin mengungkapkan keprihatinan akan harga salak pondoh yang turun. Karenanya dia ingin membantu meningkatkan taraf hidup masyarakat pancoh dengan menciptakan produk Baru yg menarik dan inovatif seperti sirup salak yang kaya akan serat dan vitamin A.


Baca Lainnya :

Spot foto gubuk Indian yang dikembangkan mahasiswa KKN Stipram di Dusun Pancoh, Desa Girokerto, Kecamatan Turi, Sleman.(istimewa)

Selain pembuatan sirup salak, salah satu program Kerja yang patut dibanggakan yaitu pembuatan empat spot foto gubuk Indian yang sangat Unik. Mereka memanfaatkan bahan yang ada di Dusun Pancoh seperti bambu dan daun kelapa kering.

Ketua Stipram, Suhendroyono mengungkapkan, masyarakat mendukung program pemberdayaan yang dilakukan mahasiswa KKN Stipram.

"KKN masih sangat diperlukan hal ini agar mahasiswa untuk lebih dekat dengan masyarakat sehingga masyarakat akan semakin paham dengan program-program kampus pariwisata," imbuhnya.(*/yve)


TAGS:

SHARE

BERITA TERKAIT

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini