atas1

Mahasiswa Polbangtan YoMa Panen Kangkung

Jumat, 18 Jan 2019 | 22:30:06 WIB, Dilihat 992 Kali
Penulis : Redaktur
Redaktur

SHARE


Mahasiswa Polbangtan YoMa  Panen Kangkung Mahasiswa Polbangtan YoMa panen kangkung di kampus. (Istimewa)

Baca Juga : TEFA Polbangtan YoMa - PT Swayasa Prakarsa Hilirisasi Riset


KORANBERNAS.ID -- Mayoritas orang berfikir bahwa pertanian sebagai suatu kegiatan yang hampir sepenuhnya terjadi di tanah pedesaan  Padahal sekarang ini banyak kegiatan pertanian dikembangkan di area perkotaan. 

Pengembangan pertanian perkotaan dilatarbelakangi oleh adanya keterbatasan lahan tanam. Melalui pembelajaran urban farming, mahasiswa tingkat III Polbangtan Yogyakarta sukses panen besar kangkung melalui teknologi vertikultur mulsa plastik hitam perak (MPHP). Urban farming diajarkan disemester V sebagai salah satu mata kuliah Teknologi Budidaya Tanaman Perkotaan Bekelanjutan yang diampu oleh  Agus Wartapa, SP., MP. dan Asih Farmia, SP., M.Agr.Sc, dengan bimbingan para dosen mahasiswa membuat konstruksi vertikultur.

Yang membedakannya adalah bahan yang digunakan yaitu mulsa plastik hitam perak (MPHP) selain lebih murah, pembuatan vertikultur dengan MPHP juga lebih mudah. Setelah minggu ke 13 setelah pemuatan konstruksi mahasiswa sudah berhasil panen selada dan kangkung. Penggunaan vertikultur MPHP dinilai juga sangat efisien dalam penggunaan pupuk dan air. 

Menurut salah satu mahasiswi asal Salatiga, Cintya Eka Sari kegiatan ini dapat memberikan solusi bagi masyarakat secara berkelanjutan khususnya yang tinggal di perkotaan,

“Sudah seharusnya prinsip pertanian perkotaan diterapkan di area Kota Yogyakarta terlebih-lebih kampus Polbangtan Yogyakarta Jurusan Pertanian yang terletak di tengah-tengah jantung Kota Jogja, kami sangat optimis,” papar Cintya yang saat ini sedang duduk di bangku semester V program studi Penyuluhan Pertania Berkelanjutan. 

Sementara Cindy, mahasiswa asal Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat mengungkapkan melalui kegiatan ini dapat sekaligus memberikan kontribusi dalam kesejahteraan mahasiswa

"Karena hasil panennya diperbolehkan untuk dibawa pulang, dan setelahnya dimasak di kos masing-masing," imbuhnya. (*/yve)

 

 


Jumat, 18 Jan 2019, 22:30:06 WIB Oleh : Redaktur 961 View
TEFA Polbangtan YoMa - PT Swayasa Prakarsa Hilirisasi Riset
Jumat, 18 Jan 2019, 22:30:06 WIB Oleh : Redaktur 969 View
Polbangtan YoMa Jajaki Kerjasama dengan KOJAI Sukoharjo
Jumat, 18 Jan 2019, 22:30:06 WIB Oleh : Nila Jalasutra 989 View
Kampung Flory Dipuji, Ini Alasannya

Tuliskan Komentar