atas

Mahasiswa Polbangtan Juara Karya Ilmiah Nasional

Kamis, 28 Mar 2019 | 03:58:55 WIB, Dilihat 406 Kali - Oleh Redaktur

SHARE


Mahasiswa Polbangtan Juara Karya Ilmiah Nasional Mahasiswa Jurusan Pertanian Polbangtan Yo-Ma berhasil meraih juara III dalam Lomba LKTIM Tingkat Nasional di Kampus STIPAP Medan pada 25 – 26 Maret 2019.(istimewa)

Baca Juga : Masalah Sampah Selesai di Rumah


KORANBERNAS.ID --Mahasiswa Jurusan Pertanian Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Yogyakarta Magelang (Yo-Ma) berhasil meraih juara III dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa (LKTIM) Tingkat Nasional yang diselenggarakan di Kampus STIPAP Medan pada 25 – 26 Maret 2019. LKTIM kali ini bertema "Pengembangan Energi Terbarukan Pertanian dan Perkebunan".

Tim Polbangtan YoMa diwakili oleh dua mahasiswa dari Kampus Yogyakarta yaitu Ya’luqman Nurhakim (Luqman) dan Alvi Intan Nur Aisyah. Mereka membuat karya tulis berjudul “Sampah Organik Pasar Plus Fitobiotik Jahe Merah sebagai Bahan Baku Pelet Pakan Ternak Kelinci” dengan bimbingan Pitri Ratna Asih, SP., M.Si.

Luqman, Rabu (27/3/2019) menuturkan karya ilmiah tersebut disusun berdasarkan observasi pada lingkungan sekitar khususnya di sekitar pasar tradisional dimana banyak sekali limbah buangan organik dari sisa sayuran. Limbah tersebut menimbulkan masalah dapat mencemari lingkungan dan membahayakan kesehatan masyarakat.

Berdasarkan data BPS, di Indonesia hanya 41,28% sampah yang dibuang ke tempat pembuangan sampah (TPA), dibakar sebesar 35,59%, dibuang ke sungai 14,01%, dikubur sebesar 7,79% dan hanya 1,15% yang diolah. Kemudian di wilayah perkotaan banyak para hobies beternak kelinci namun kesulitan mendapatkan pakan hijauan bagi ternak kesayangan mereka.

"Oleh karena itu muncul ide pembuatan pakan pellet bagi kelinci ternak dengan memanfaatkan sampah organik sayuran pasar dengan penambahan fitobiotik jahe merah," ujarnya.

Ditambahkan Alvi, Fitobiotik adalah zat tambahan pada pakan ternak yang berasal dari bahan tanaman murni dan mampu menstimulasi pertumbuhan sekaligus untuk pemeliharaan ternak. Sampah pasar dengan pengolahan menjadi pakan ternak berbentuk pelet sehingga dapat memermudah kelinci untuk mengonsumsi dan menambah bobot kelinci.

Dr Rajiman, Direktur Polbangtan Yo-Ma sangat mengapresiasi prestasi yang berhasil diraih. Dia berharap prestasi dapat ditingkatkan terus.

"Prestasi ini dapat memotivasi baik bagi diri sendiri maupun mahasiswa lain untuk terus berkarya dengan mengerahkan potensi terbaiknya," imbuhnya.(yve)



Rabu, 27 Mar 2019, 03:58:55 WIB Oleh : Arie Giyarto 474 View
Masalah Sampah Selesai di Rumah
Rabu, 27 Mar 2019, 03:58:55 WIB Oleh : Nanang WH 317 View
Pejabat UNESCO Puji Keunikan Geopark Karangbolong
Rabu, 27 Mar 2019, 03:58:55 WIB Oleh : Nila Jalasutra 283 View
PKK Wajib Tangani Permasalahan Stunting

Tuliskan Komentar