linmas-harus-siap-mental-saat-amankan-tpsApel Linmas di halaman Balai Desa Sumbermulyo Bambanglipuro Bantul, Kamis (11/4/2019). (sari wijaya/koranbernas.id)


sri-wijaya

Linmas Harus Siap Mental Saat Amankan TPS

SHARE

KORANBERNAS.ID -- Anggota Perlindungan Masyarakat (Linmas) Desa Sumbermulyo Kecamatan Bambanglipuro Bantul siap mensukseskan pemilu serentak 17 April 2019.

Di desa ini terdapat 55 Tempat Pemungutan Suara (TPS). Setiap  TPS  dijaga oleh dua orang anggota Linmas.


Baca Lainnya :

“Total anggota Linmas ada 115 personel dan yang jaga TPS 110 orang. Nanti yang lima orang berjaga di desa. Jadi semua terlibat pengamanan pemilu,” kata Suwanto, Pengurus Inti Linmas Desa Sumbermulyo, di sela-sela Apel Linmas di balai desa setempat, Kamis (11/4/2019).

Semua anggota Linmas diberikan  pembekalan berupa bimbingan teknis (bimtek) dan baru pertama kalinya diselenggarakan dengan narasumber dari Kantor Satpol PP Bantul.


Baca Lainnya :

Dengan demikian anggota Linmas mengetahui apa yang harus dilakukan dan larangan yang tidak boleh dilakukan saat melaksanakan tugas.

Selain bimtek, anggota Linmas juga  mendapat support dari pemerintah desa (pemdes) termasuk untuk pengadaan seragam lengkap  termasuk sepatu, kaos, topi hingga kopel.

Lurah Sumbermulyo Dra Ani Widayani MIP mengatakan pemerintah desa memberikan dukungan kepada Linmas melalui APBDesa 2019 nilainya mencapai Rp 100 juta.

“Linmas harus ikut mengawal seluruh tahapan pemilu, mulai persiapan, pemungutan suara, penghitungan suara dan pengamanan kotak suara di TPS masing-masing,” kata Lurah Ani.

Linmas juga harus siap fisik dan mental sehingga mampu menghadapi persoalan pengamaman pemilu 2019.

Yang pasti, mereka bertugas sesuai dengan aturan yang berlaku, mengingat pemilu 2019 berbeda dengan pemilu terdahulu.

Pemilu 2019 untuk memilih anggota DPR, DPRD provinsi, DPRD kabupaten/kota, DPD dan presiden, sehingga lebih rumit dari sebelumnya. “Di Desa Sumbermulyo tidak ada TPS rawan,” tambahnya. (sol)



SHARE

BERITA TERKAIT

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini