atas1

Libur Lebaran ? Ke Agriwisata Waluyo Saja

Senin, 27 Mei 2019 | 22:27:00 WIB, Dilihat 370 Kali - Oleh Nanang WH

SHARE


Libur Lebaran ? Ke Agriwisata  Waluyo Saja Seorang petani di Agrowisata Waluyo, di Kecamatan Puring, Kabupaten Kebumen, mengamati perkembangan bunga dan buah belimbing madu, (nanang wh/koranbernas.id)

Baca Juga : Anggota DPRD Klaten akan Miliki Ruang Kerja Sendiri


KORANBERNAS.ID -- Meskipun sebagian besar pohon belimbing dan jambu kristal masih berbunga dan buah muda, namun petani dan pelaku wisata di Agrowisata Waluyo di Desa Waluyo, Kecamatan Puring, Kabupaten siap menerima pemudik. Agrowisata yang berada di jalan lintas selatan (JLS) Jawa Tengah tersebut menyediakan wisata belanja belimbing madu atau jambu Kristal. Kebun belimbing dan jambu krustal yang sedang berbuah menjadi daya tarik pengguna JLS untuk berwisata.

“Lebaran sebagian buah belimbing sudah bisa dipetik,“ kata Wati (22) salah seorang pelaku wisata /  petani jambu kristal dan belimbing kepada koranbernas, pekan lalu.

Wati mengaku lebih memilih menjual jambu atau belimbing dalam keadaan sudah dipetik. Pembeli tinggal memilih dan menawar harga jambu dan belimbing yang sudah dipajang di warung warung di pinggir JLS.

“Jika pengunjung petik sendiri di kebun, harga per kilogram lebih mahal, ada perhitungan resiko kerugian,“ kata Wati.

Harga belimbing madu yang  sudah  dipetik misal Rp  13.000 per kg, jika pengunjung metik sendiri di pohon  harga per kilogram menjadi  Rp 20.000 – Rp 25.000. Selisih harga  mahal pengunjung petik sendiri untuk menutup  kerugian, jika ada pengunjung yang memetik buah muda, tapi dibuang di kebun.  

Ia tidak punya rencana memungut bagi setiap pengunjung yang memetik sendiri di kebun. Sehingga harga yang harus dibayar hanya jumlah kilogram buah yang dipetik.

“Memang ada  yang memungut masuk kebun Rp 5000, saya  tidak,“ kata  Wati.

Pengamatan koranbernas.id, sebagian besar pohon belimbing masih berbunga dan buah muda.  Sehingga belum semua pemilik warung bisa menyediakan belimbing dan  jambu Kristal. Harga  belimbing madu tertinggi Rp 13.000 per kg. (yve)



Senin, 27 Mei 2019, 22:27:00 WIB Oleh : Masal Gurusinga 377 View
Anggota DPRD Klaten akan Miliki Ruang Kerja Sendiri
Senin, 27 Mei 2019, 22:27:00 WIB Oleh : Sari Wijaya 447 View
Warga Gagal Belanja Gara-gara BPNT Belum Cair
Senin, 27 Mei 2019, 22:27:00 WIB Oleh : Sholihul Hadi 335 View
GK Ladies Syukuran Bersama Anak Panti Asuhan

Tuliskan Komentar