atas1

Kurangi Kecelakaan, Jogja Bakal Punya Jembatan Baru

Jumat, 10 Mei 2019 | 11:49:25 WIB, Dilihat 1723 Kali - Oleh Yvesta Putu Sastrosoendjojo

SHARE


Kurangi Kecelakaan, Jogja Bakal Punya Jembatan Baru JPO di kawasan Plaza Ambarrukmo yang tengah dibangun untuk memudahkan penyeberangan. (yvesta putu sastrosoendjojo/koranbernas.id).

Baca Juga : Polisi Dalami Kasus Desa Bantul


KORANBERNAS.ID -- Satu lagi Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) yang tengah dibangun di Yogyakarta, tepatnya di kawasan Plaza Ambarrukmo. Jembatan berbentuk letter S sepanjang 43 meter dengan tinggi 7 meter dari permukaan aspal ini akan menghubungkan kawasan pedestrian Plaza Ambarrukmo dengan Grand Ambarrukmo di seberang sebagai drop pointnya.

Jembatan dibangun untuk mengantisipasi angka kecelakaan di kawasan Jalan Solo, terutama di jembatan penyeberangan Plaza Ambarrukmo. Selain keamanan, pembangunan jembatan sebagai bagain dari program Corporate Social Responsibility (CSR) ini diharapkan meningkatkan kenyamanan masyarakat, termasuk penyeberang jalan karena memiliki sejumlah fasilitas modern selama 24 jam penuh.

Pembangunan JPO saat ini sudah pada tahap pemasangan besi penyangga setelah selesai tahap pemasangan tiang pancang. Diperkirakan beberapa bulan kedepan, jembatan selebar 3 meter dengan strtuktur beton baja ini sudah mulai dapat digunakan.

"Kami akan menghentikan sementara pembangunan jembatan beberapa minggu di libur lebaran nanti untuk mengantisipasi kemacetan di kawasan jalan solo. Pembangunan akan dilanjutkan pasca lebaran," ujar General Manager Plaza Ambarrukmo Surya Ananta disela Special Ramadan: Glorious Celebration di Balcony, Plaza Ambarrukmo, Kamis (9/5/2019) malam.

Jembatan ini nantinya akan dilengkapi lift di kedua sisi yang ramah difabel. Selain itu tangga melingkar di kedua sisi. Jembatan letter S ini akan melintang di 8-9 meter dari Plaza Ambarrukmo ke titik tengah, 25 meter mendatar dari timur ke barat, dan 8-9 meter dari titik tengah ke Grand Ambarrukmo.

Nilai investasi untuk pembangunan JPO ini besar hingga miliaran rupiah. Sebab selain infrastruktur juga dibangun interior dan arsitektural serta pemotongan pohon dan sewa lahan yang dilintasi jembatan.

"Ada dua lift yang digunakan yakni satu di depan Grand Ambarrukmo dan satu di Plaza Ambarrukmo bagian barat. Di sisi Plaza Ambarrukmo, selain disediakan lift bagi warga yang ingin turun ke sisi utara jalan, juga disediakan jalan terusan yang tembus ke dalam Plaza Ambarrukmo di lantai satu," jelasnya.

Surya berharap jembatan ini dapat dipelihara bersama-sama, baik keamanan maupun kebersihannya. Warga pun diharapkan tidak lagi menyeberang di jalan.

"Kami menjalin kerja sama dengan kepolisian dalam hal pengaturan lalu lintas," paparnya.

Fashion show dalam rangkaian program Special Ramadan Plaza Ambarrukmo "Glaroious Celebration" di Balcony, Kamis (9/5/2019). (yvesta putu sastrosoendjojo/koranbernas.id)

Selama bulan Ramadan, Plaza Ambarrukmo juga menawarkan berbagai program menarik. Diantaranya pertunjukan Musik Gambus, El Tanoura Dance dan takjil gratis bagi pengunjung mall.

Selain itu Morocco Fashion Showcase dan Late Night Sale serta beragam progam diskon. Banyak hadiah menarik diberikan bagi pengunjung bagi yang ikut program Hourly Shopping Suprise.

"Ada banyak hadiah menarik bagi member dan pengunjung plaza ambarrukmo selama bulan ramadan ini," imbuhnya.(yve)



Jumat, 10 Mei 2019, 11:49:25 WIB Oleh : Sari Wijaya 1017 View
Polisi Dalami Kasus Desa Bantul
Jumat, 10 Mei 2019, 11:49:25 WIB Oleh : Yvesta Putu Sastrosoendjojo 635 View
Catat, Rerata UNBK SMK DIY Terbaik Nasional
Kamis, 09 Mei 2019, 11:49:25 WIB Oleh : Arie Giyarto 473 View
Masjid Ini Kecil Tapi Selalu Makmur

Tuliskan Komentar