atas1

Kotak Suara Jangan Sampai Digigit Hewan

Selasa, 09 Apr 2019 | 18:52:13 WIB, Dilihat 468 Kali - Oleh Sari Wijaya

SHARE


Kotak Suara Jangan Sampai Digigit Hewan Ketua KPU Bantul Didik Joko Nugroho foto bersama anggota Linmas saat sarasehan di Pendopo Parasamya, Selasa (9/4/2019). (Sari Wijaya/koranbernas.id)

Baca Juga : Para Perempuan Demo Menolak Politik Uang


KORANBERNAS.ID -- Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bantul, Didik Joko Nugroho, berpesan kepada petugas yang berwenang supaya menjaga kotak suara pemilu. Tujuannya supaya kotak itu tidak rusak saat digunakan pada hari pencoblosan.

"Jangan sampai digigit hewan atau rusak karena yang lain," kata Didik di depan anggota Perlindungan Masyarakat (Linmas)  dari 17 desa dan 17 kecamatan di Bantul.

Dia mengatakan Linmas harus ikut menjaga pelaksanaan pemilu serentak 17 April 2019. Sukses tidaknya pemilu salah satunya karena peran Linmas, dulu bernama Hansip.

“Untuk itulah peran Linmas sangat penting pada pemilu serentak mendatang,” ujarnya pada sarasehan di Pendopo Parasamya Pemkab Bantul, Selasa (9/4/2019).

Logistik pemilu, lanjut Didik, akan tiba Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada 16 April bisa pagi, siang sore atau malam. Tugas Linmas bersama KPPS dan aparat terkait adalah memastikan kotak suara aman dan utuh serta terjaga.

Pada hari H tanggal 17 April Linmas sudah harus di di TPS sejak pagi. Pemungutan suara dimulai pukul 07:00 hingga 13:00, setelah istirahat dilanjutkan penghitungan suara Pillpres, DPD, barulah DPR RI, DPRD DIY dan DPRD Bantul.

Berdasarkan simulasi, prosesnya membutuhkan waktu 16 jam 10 menit atau berakhir pukul 23:00 dengan maksimal pemilih tiap TPS adalah 300 orang.

“Nanti Linmas bertugas di pintu masuk dan keluar. Jadi fokus di sana. Untuk pendampingan pemilih yang membutuhkan, sudah ada petugasnya,” katanya.

Didik juga meminta Linmas agar turut mensosialisasikan gelaran pemilu, termasuk penggunaan kotak suara karton bukan kardus karena sering ada yang salah sebut dengan kardus.

“Jangan sebut kotak kardus. Nanti yang  terbayang malah kardus mi instan atau kardus bungkus yang lain. Namun ini kotak karton yang sudah dipertimbangkan kekuatannya,” kata Didik.

Namun demikian, Linmas bersama petugas yang lain tetap harus melakukan penjagaan.Termasuk jangan sampai dibuka orang yang tidak berhak.

“Karena pembukaan kotak suara harus dilakukan sesuai waktu yang ditentukan dan disaksikan berbagai pihak. Tidak boleh dibuka oleh yang tidak berhak, termasuk petugas KPPS kalau mau membuka sendiri juga tidak diizinkan. Bapak-bapak semua harus mencegahnya," tandas Didik. (sol)



Selasa, 09 Apr 2019, 18:52:13 WIB Oleh : Sholihul Hadi 649 View
Para Perempuan Demo Menolak Politik Uang
Selasa, 09 Apr 2019, 18:52:13 WIB Oleh : Sholihul Hadi 4775 View
Ulama Sufi dari Berbagai Negara Berkumpul di Pekalongan
Selasa, 09 Apr 2019, 18:52:13 WIB Oleh : Sholihul Hadi 8843 View
Gara-gara SK Dirjen, KBIH se-Indonesia Galau

Tuliskan Komentar