atas1

Kotagede Dominasi Pemenang Lomba Taman Sayuran

Kamis, 14 Mar 2019 | 01:15:54 WIB, Dilihat 743 Kali - Oleh Arie Giyarto

SHARE


Kotagede Dominasi Pemenang Lomba Taman Sayuran Para juara menerima hadiah Lomba Taman Sayuran, Selasa (12/03-2019) sore. (arie giyarto/koranbernas.id)

Baca Juga : Berharap Cak Nun Dinginkan Suhu Politik


KORANBERNAS.ID – menyiasati lahan sempit, pertanian di wilayah perkotaan bisa direkayasa dengan penggunaan pot, botol bekas air mineral maupun bekas wadah lainnya. Sedang buah-buahan bisa ditanam pada pot besar atau tabulapot.

Tanaman-tanaman itu tidak hanya ditata konvensional, tetapi bisa dibuat taman. Tampilannya terlihat menarik saat digelar lomba taman sayuran indoor di Main Hall Balaikota Yogyakarta, Selasa (12/3/2019).

Dengan luasan 1,5 m2 peserta mengombinasikan berbagai tanaman sayuran dengan perpaduan warna serasi. Hampir semuanya menggunakan tanaman lombok, khususnya lombok rawit yang penuh buah berwarna putih, semburat sampai oranye cemerlang.

Satu pohon ada yang berbuah 100. Ada juga lombok merah besar dan ada pula lombok hijau dalam pot sangat kecil tetapi penuh lombok hijau bergelantungan.

Tanaman lain yang banyak digunakan berupa tomat oranye, terong ungu maupun putih, kemangi, sawi, kol. Beberapa peserta menambahkan ornamen  sebagai pemanis tampilan.

Lomba kali ini merupakan salah satu upaya untuk menggalakkan lingkungan hijau di permukiman perkotaan. Sekaligus agar warga bisa memanfaatkan sayuran untuk kepentingan harian.

Sayuran itu dijamin aman karena bebas pestisida yang meninggalkan residu dan bisa membahayakan kesehatan.

Sementara di halaman balaikota berlangsung Gelar Potensi Pertanian Kota Yogyakarta. Ditampilkan aneka tanaman buah-buahan, aneka bunga dan tanaman hias, tanaman obat-obatan keluarga, tanaman perindang maupun anggrek berbagai jenis.

Dewan juri menilai taman sayuran peserta lomba. (arie giyarto/koranbernas.id)

Yang paling menarik perhatian adalah singkong raksasa yang ditanam di sawah wilayah Pilahan. Ditambah makanan olahan hasil pertanian yang banyak diusahakan oleh ibu-ibu rumah tangga.

Dewan juri terdiri dari Yakob, Kusno dan Itok menetapkan juara-juara Kategori A maupun B, ternyata didominasi peserta dari Kecamatan Tegalrejo serta Kotagede.

Juara Kategori B diraih KWT Kemuning Kecamatan Gedongtengen. Juara 2 dan 3 KWT Ngremboko dan KWT Sidodadi keduanya Kecamatan Tegalrejo. Juara Harapan 1 dan 2  KWT Sintamina Kecamatan Kotagede dan KWT Wetan Asri Kecamatan Tegalrejo.

Kategori A juara 1  KWT Sekarwangi Kecamatan Tegalrejo. Juara 2 dan 3 masing-masing KWT Agro 17 dan KWT Sintamina keduanya Kecamatan Kotagede. Juara Harapan 1 dan 2 KWT Tanen Tuwuh Kecamatan Tegalrejo dan KWT Agro 40 Kecamatan Kotagede.

Para pemenang langsung menerima hadiah trofi dan uang pembinaan.

Dharma dari Komite Tani dan Nelayan Andalan (KTNA) selaku panitia menjawab pertanyaan koranbernas.id kenapa dua kecamatan dari 14 kecamatan se-Kota Yogyakarta berhasil memborong juara, selain karena anggota kelompok bersemangat juga peran petugas Penyuluh Pertanian Lapangan yang memang aktif. (sol)



Kamis, 14 Mar 2019, 01:15:54 WIB Oleh : Sholihul Hadi 1770 View
Berharap Cak Nun Dinginkan Suhu Politik
Rabu, 13 Mar 2019, 01:15:54 WIB Oleh : Sholihul Hadi 452 View
Trofi Turnamen Golf Ini Tak Ada di Tempat Lain
Rabu, 13 Mar 2019, 01:15:54 WIB Oleh : Nila Jalasutra 410 View
Bupati Tinjau Lokasi Kerusakan Akibat Angin Kencang

Tuliskan Komentar