atas

Komisi 1 DPR RI Dorong Pembuatan Film Heroik

Sabtu, 30 Mar 2019 | 16:00:43 WIB, Dilihat 241 Kali - Oleh Sholihul Hadi

SHARE


Komisi 1 DPR RI Dorong Pembuatan Film Heroik Anggota Komisi 1 DPR RI Dr H Sukamta. (sholihul hadi/koranbernas.id)

Baca Juga : JKN Bentuk Masyarakat Bermental Tidak Bagus


KORANBERNAS.ID – Anggota Komisi 1 DPR RI Dr H Sukamta mendorong pemerintah untuk membuat film-film yang heroik. Ini penting sebagai sarana  pewarisan nilai-nilai nasionalisme.

“Kita sedang menghadapi tantangan hebat pewarisan nasionalisme. Kita sejak 2014 sudah mengusulkan dengan pendekatan budaya. Buatlah komik dan film yang bisa menumbuhkan rasa cinta tanah air, yang tidak arogan dan norak,” ujarnya kepada wartawan.

Di sela-sela Sosialisasi dan Evaluasi Pembinaan Kesadaran Bela Negara di Provinsi DIY Tahun 2019, Sabtu (30/3/2019), di Hotel Grand Serella Yogyakarta, Sukamta menyampaikan seniman dan budayawan bisa dilibatkan untuk mengisi konten-konten karya film cinta tanah air.

“Itu yang terus kita dorong, pembuatan film bertema budaya dengan konten cinta tanah air. Buatlah film-film yang disukai anak-anak muda. Ini tantangan bagi penggerak budaya. Tema lain juga masih banyak,” kata dia.

Sukamta mengakui, dibanding generasi era kemerdekaan 1945 maupun generasi era 1966, anak-anak muda generasi sekarang kehilangan suasana heroisme. “Generasi 45 dan generasi 66 masih punya semangat hebat,” tambahnya.

Sosialisasi dan Evaluasi Pembinaan Kesadaran Bela Negara di Provinsi DIY Tahun 2019, Sabtu (30/3/2019). (sholihul hadi/koranbernas.id)

Sebaliknya, karena mudahnya memperoleh prasarana, generasi sekarang ini tidak memiliki tantangan. Justru tantangannya berupa hal-hal yang melenakan seperti  budaya pop dan digitalisasi budaya.

Apabila generasi sekarang ini terus menerus berada dalam suasana kehilangan heroisme, hal itu berdampak bagi ketahanan negara.

Inilah tantangan bagi semua untuk menumbuhkan kesadaran bela negara di kalangan anak-anak muda.

“Bela negara sekarang ini tidak harus perang fisik tetapi juga bisa melalui media sosial dan kebudayaan sehingga memiliki semangat kepemilikan negara kita, agar nasionalismenya tidak luntur,” kata Sukamta.

Sosialisasi dan Evaluasi Pembinaan Kesadaran Bela Negara di Provinsi DIY Tahun 2019 ini merupakan hasil kerja sama dan kemitraan Komisi 1 DPR RI Dr H Sukamta Fraksi PKS DPR RI serta Kementerian Pertahanan RI.

Selain Sukamta, narasumber lainnya adalah Kolonel Infantri Alex Batoek, Analis Madya Ditjen Potensi Pertahanan Kemenhan RI. (sol)



Sabtu, 30 Mar 2019, 16:00:43 WIB Oleh : Sholihul Hadi 292 View
JKN Bentuk Masyarakat Bermental Tidak Bagus
Sabtu, 30 Mar 2019, 16:00:43 WIB Oleh : Sari Wijaya 205 View
Jangan Pernah Berpikir Ganti Pancasila
Sabtu, 30 Mar 2019, 16:00:43 WIB Oleh : Arie Giyarto 316 View
Jenang Gempol Jadi Daya Tarik Pasar Tani

Tuliskan Komentar