keluar-dari-pandemi-ekonomi-pulih-kembaliKegiatan olahraga pegawai Dinas PUP-ESDM DIY dalam rangka Hari Bakti Pekerjaan Umum ke-76. (istimewa)


Sholihul Hadi
Keluar dari Pandemi Ekonomi Pulih Kembali

SHARE

KORANBERNAS.ID, YOGYAKARTA – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), M Basuki Hadimuljono, mengingatkan jajarannya se-Indonesia untuk terus memberikan kontribusi agar dapat segera keluar dari pandemi dan ekonomi Indonesia pulih kembali.


Ajakan tersebut disampaikan bertepatan dengan Hari Bakti Pekerjaan Umum ke-76 bertema 76 Tahun Bakti PUPR Sigap Membangun Negeri yang diperingati setiap tanggal 3 Desember.


 “Tidak kurang dari 7.400 pegawai Kementerian PUPR terkonfimasi positif Covid-19, 64 pegawai meninggal dunia. Mereka semua adalah para Sapta Taruna masa kini, para pahlawan yang telah memberikan darma bakti-nya untuk negara dan masyarakat. Kita doakan InsyaAllah mereka semua husnul khotimah,” kata menteri melalui sambutan tertulis dibacakan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Energi Sumber Daya Mineral (PUP-ESDM) DIY, Anna Rina Herbranti.

Seluruh jajaran dinas di bawah kementerian tersebut mengadakan upacara bendera maupun kegiatan sosial, termasuk Dinas PUP-ESDM DIY. Selama dua hari Jumat dan Sabtu (3-4/12/2021) beragam kegiatan digelar di kantor dinas tersebut kawasan Bumijo Kota Yogyakarta.


Acara itu di antaranya upacara bendera, bakti sosial pembagian sembako dan anjangsana ke panti sosial maupun olahraga senam dan bersepeda.

Basuki Hadimuljono mengakui, meski pandemi program kementerian ini masih bisa berjalan. Program Padat Karya Tunai Tahun 2021 dengan anggaran sebesar Rp 23,2 triliun juga telah dilaksanakan hingga pelosok, bermanfaat membantu membuka lapangan kerja bagi 1,2 juta orang yang membutuhkan.

Menteri juga menekankan agar semua jajarannya tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan saat melaksanakan tugas-tugas di kantor ataupun di  lapangan, hingga pandemi ini benar-benar berakhir.

Sedangkan Anna Rina Herbranti menyatakan momentum ini sebagai penyemangat untuk mengabdi kepada masyarakat dengan cara membangun infrastruktur demi kemajuan perekonomian daerah.

“Harapan kami dengan baksos ini kami bisa sedikit membantu masyarakat yang kurang mampu. Apalagi pada masa pandemi seperti ini, bisa sedikit memberikan bantuan ke mereka,” kata Anna.

Sedangkan kegiatan olahraga dipilih agar jajarannya selalu dalam kondisi sehat. “Kita berkeinginan sebagai insan PU, seluruh pegawai Dinas PUP-ESDM DIY selalu sehat.  Pandemi seperti ini pekerjaan kita juga cukup banyak. Kita harus selalu sehat dengan membudayakan olahraga,” jelasnya.

Dengan jiwa dan raga yang sehat, menurut dia, insan PU mampu mengedepankan semangat membangun infrastruktur demi meningkatkan perekonomian masyarakat.

Dia bersyukur meski pada saat pandemi target pembangunan tidak sesuai harapan namun demikian saat ini secara lambat laun dinas ini sudah bisa membangun kebutuhan infrastruktur. (*)



SHARE
'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini