kekurangan-tph-523-masjid-di-gunungkidul-boleh-memotong-hewan-kurbanBambang Wisnu Broto, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Gunungkidul. (sutaryono/koranbernas.id)


St Aryono

Kekurangan TPH, 523 Masjid di Gunungkidul Boleh Memotong Hewan Kurban


SHARE

KORANBERNAS.ID, GUNUNGKIDUL – Karena keterbatasan Tempat Pemotongan Hewan (TPH), Pemkab Gunungkidul melalui Dinas Pertanian dan Pangan memberikan rekomendasi terhadap ratusan masjid untuk melaksanakan pemotongan hewan kurban.


Baca Lainnya :

 

“Hingga kini kami sudah memberikan rekomendasi untuk 523 masjid yang tersebar di berbagai wilayah Gunungkidul untuk melakukan pemotongan hewan kurban,” kata Bambang Wisnu Broto, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Gunungkidul, Senin (27/7/2020).


Baca Lainnya :

 

Meski pada awalnya penyembelihan hewan kurban harus dilaksanakan di TPH, namun karena kondisi tempat yang terbatas, maka rekomendasi pemotongan hewan kurban di masjid, diberikan.

Meski demikian, saat penyembelihan hewan kurban nanti, pihaknya meminta agar pihak takmir masjid atau penyelenggara untuk mematuhi protokol kesehatan.

 

“Harus dihindarkan adanya kerumunan massa, memakai masker, dan menjaga jarak, serta sering mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun,” tambahnya.

 

Menurutnya, jumlah TPH di Gunungkidul hanya 20 buah. Namun karena berbagai masalah, di antaranya kurangnya tenaga, maka tidak semua TPH melakukan pemotongan hewan. Untuk melihat kesiapan TPH tersebut, diakui pihaknya sudah melakukan ceking.

 

“Kami memperhatikan beberapa aspek di TPH, meliputi tempat antrian ternak, tempat potong ternak, pembuangan limbah potong ternak, tempat pembersihan daging dan lain lain,” ujarnya.

 

Jika TPH tidak memenuhi persyaratan aspek kesehatan, pihaknya meminta kepada pemilik untuk melakukan perbaikan dan penyediaan fasilitas pendukung.

 

Selain memantau kesiapan TPH, pihaknya juga memantu titik-titik pengumpulan hewan ternak. Pihaknya berusaha memastikan sistem pemeliharaan ternak memadai, antara lain ada naungan atau kandang, ada tempat pakan, persediaan air serta saluran limbah ternak. (eru)



SHARE

BERITA TERKAIT

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini