kampung-pancasila-untuk-menciptakan-rasa-nyaman-masyarakatKasiter Korem 074/Warastratama Letkol Inf Arif Isnawan (nomor lima dari kanan) didampingi Dandim 0723/Klaten Letkol Inf Joni Eko Prasetyo (nomor dua kiri), Kepala Badan Kesbangpol Sugeng Haryanto (nomor empat kiri) dan Kepala Desa Nglinggi Sugeng Mulyadi, melepaskan burung merpati di pekarangan Kantor Desa Nglinggi Kecamatan Klaten Selatan. (masal gurusinga/koranbernas.id)


Masal Gurusinga
Kampung Pancasila untuk Menciptakan Rasa Nyaman Masyarakat

SHARE

KORANBERNAS.ID, KLATEN -- Desa Nglinggi Kecamatan Klaten Selatan merupakan satu di antara sekian desa di wilayah Kabupaten Klaten yang beberapa waktu lalu dicanangkan sebagai Kampung Pancasila oleh Kodim 0723/Klaten. Setelah pencanangan tersebut, desa ini ditunjuk sebagai lokasi penilaian lomba Kampung Pancasila tingkat Korem 074/Warastratama.


Penilaian lomba Kampung Pancasila dilaksanakan di wilayah Kodim 0723/Klaten, Rabu (3/8/2022), di Dusun Pokoh Desa Nglinggi. Kasiter Korem 074/Warastratama Letkol Inf Arif Isnawan memimpin langsung penilaian.


"Kegiatan hari ini melaksanakan penilaian Kampung Pancasila di wilayah Kodim 0723/Klaten, tepatnya di Desa Nglinggi. Penilaian ini dimaksudkan dengan lahirnya Kampung Pancasila membawa bias yang baik, di antaranya solidaritas, kebersamaan, keamanan bisa lestari. Diharapkan bias baik ini juga tercipta di kampung yang lain," kata Arif Isnawan kepada wartawan di Desa Nglinggi.

Menurut dia, jika itu sudah tercipta Kampung Pancasila, Insya Allah akan memancarkan kebaikan di Klaten dan Indonesia pada umumnya.


"Tentu timbul rasa nyaman. Kalau nyaman maka masyarakat dalam beraktivitas juga tenang dan nyaman pula," ujarnya seraya berkata Desa Nglinggi merupakan Kampung Pancasila pertama yang dinilai oleh Korem 074/Warastratama.

Kepala Desa Nglinggi, Sugeng Mulyadi, menjelaskan Pencanangan Kampung Pancasila di desanya sebenarnya sudah dijiwai warga seperti tertulis pada butir-butir Pancasila. Baik dalam kehidupan masyarakat, keluarga dan penyelenggara pemerintahan.

Sugeng Mulyadi berharap karena Pancasila terbukti sakti dan mampu membuat iklim damai, hidup sejahtera, toleransi dan saling menghormati sesama warga maka visi Desa Nglinggi menjadi kawasan ekonomi baru yang damai dan berbudaya bisa terwujud.

Penunjukan Dusun Pokoh Desa Nglinggi Kecamatan Klaten Selatan sebagai Kampung Pancasila dinilai sejumlah kalangan sangat tepat. Pengamalan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan masyarakat sangat kental.

Saling menghormati, toleransi, gotong-royong, hidup damai sudah tertanam sejak dulu kala. Bahkan pada tembok rumah warga jalan masuk kampung juga dihiasi gambar burung Garuda Pancasila, presiden dan pesan hidup damai, semuanya dikerjakan oleh warga dan karang taruna setempat.

"Dari dulu di Kampung Pokoh memang sudah baik. Nilai nilai Pancasila sudah tertanam dalam kehidupan bermasyarakat," kata Sugeng Mulyadi saat ditanya alasannya menunjuk Dusun Pokoh sebagai Kampung Pancasila di Desa Nglinggi. (*)


TAGS: Nglinggi  Klaten 

SHARE
'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini