Senin, 24 Jan 2022,


jumlah-tps-pilkada-gunungkidul-membengkakKetua KPU Gunungkidul, Ahmadi Ruslan Hani. (sutaryono/koranbernas.id)


St Aryono
Jumlah TPS Pilkada Gunungkidul Membengkak

SHARE




KORANBERNAS.ID, GUNUNGKIDUL – Perhelatan akbar demokrasi pemilihan kepala daerah (pilkada) Gunungkidul, menurut rencana akan digelar 9 Desember 2020 mendatang. Berdasarkan pemetaan yang dilakukan KPU,  pada pilkada mendatang jumlah TPS membengkak.

  • Pasangan Noto Akhirnya Peroleh Dukungan Golkar
  • Jadi Masalah Berkepanjangan, Pengelolaan TPST Piyungan Harus Serius

  •  

    Ketua KPU Gunungkidul, Ahmadi Ruslan Hani, kepada wartawan mengatakan pihaknya akan mendirikan 1.907 TPS dan 9 TPS tambahan yang akan ditempatkan di wilayah dengan jumlah pemilih besar, seperti Kapanewon Wonosari, Semanu, dan Karangmojo. "Jadi dari yang awalnya ada 1.898 TPS di seluruh Gunungkidul, menjadi 1.907 TPS dengan tambahan 9 TPS," katanya.

  • Sampah di DIY 600 Ton Per Hari, Dibuang Ke Mana?
  • Berkat ATM, Kota Malang Berhasil Terapkan Ilmu dari Bantul

  •  

    Menurut Hani, ada TPS di 3 kapanewon yang memiliki lebih 500 pemilih sehingga perlu ada tambahan. Sedangkan merujuk pada aturan yang berbasis pada protokol kesehatan, tiap TPS hanya dapat melayani maksimal 500 pemilih.

     

    Bagi kapanewon lain, menurutnya, jumlah TPS-nya sudah cukup dan dianggap memenuhi syarat batas maksimal pemilih. Pihaknya juga sudah melakukan pemetaan terkait hal tersebut.

     

    Untuk Petugas Pemutahiran Data Pemilih (PPDP) KPU Gunungkidul telah merekrut 1.907 orang petugas. “Mereka akan bertugas selama satu bulan untuk memutahirkan data pemilih dalam pilkada 2020 mendatang, dan sebelum bertugas akan dilakukan rapid tes,” tambahnya. PPDP akan bertugas coklit tanggal 15 Juli sampai 13 Agustus 2020 mendatang. 

     

    Hani mengatakan, PPDP saat bertugas dilengkapi alat pelindung diri (APD) seperti masker, hand sanitizer, face shield, dan sarung tangan. Sehingga nyaman untuk masyarakat dan juga petugasnya sendiri. "Sebelum bertugas, PPDP sudah dilakukan rapid tes," katanya. (eru)



    SHARE



    '

    BERITA TERKAIT


    Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

    Tulis Komentar disini