Senin, 25 Jan 2021,


inilah-srikandi-pertama-yogyakarta-yang-disuntik-sinovacPembajun Setianingastutie. (istimewa)


Rosihan Anwar

Inilah Srikandi Pertama Yogyakarta yang Disuntik Sinovac


SHARE

KORANBERNAS.ID, YOGYAKARTA -- Dari 16 calon penerima vaksin perdana Covid-19 di DIY, tiga di antaranya adalah wanita. Tiga Srikandi yang dijadwalkan menerima suntikan vaksin Sinovac, Kamis (14/1/2021), adalah Atika Purnomowati, Pembajun Setianingastutie dan Sri Arini Winarti.

Atika Purnomowati merupakan istri dari Wakil Gubernur DIY Paku Alam X. Wanita bergelar Gusti Kanjeng Bendara Raden Ayu (GKBRAy) Adipati Paku Alam tersebut akan menjadi wanita pertama yang disuntik vaksin Sinovac.


Sedangkan Pembajun Setianingastutie merupakan Kepala Dinas Kesehatan DIY dan Sri Arini Winarti merupakan Sekretaris Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) DIY.

Anang Fitrianto Sapto Nugroho selaku Kasubbag Penyiapan Informasi Pemda DIY menyatakan, GKBRAy Paku Alam akan mendampingi Wakil Gubernur agar meningkatkan kepercayaan publik.


Iya betul, Gusti Kanjeng Bendara Paku Alam akan mendapat vaksinasi. Sebelumnya ada 15 orang, sekarang ditambah beliau,” ujarnya, Rabu (13/1/2021), kepada koranbernas.id di Bangsal Kepatihan.

Menurut Anang, GKBRAy Paku Alam juga telah melakukan rapid test antigen sekaligus didata oleh tim medis. “Sudah dilakukan rapid antigen untuk Paku Alam dan istri,” katanya.

Kadinkes DIY Pembajun Setianingastutie langsung hadir memantau kesiapan vaksinasi perdana di Bangsal Kepatihan. Pada Rabu siang, Pembajun dan tim Dinkes DIY bahkan memeriksa kesehatan Wagub dan Sekda DIY Kadarmanta Baskara Aji.

“Kita melakukan skrining untuk menilai kembali kondisi calon penerima vaksin. Ada 16 pertanyaan yang harus diberikan kepada petugas medis yang melakukan pendataan. Hasil skrining akan berpengaruh pada kesiapan penerima vaksin," jelasnya.

Pembajun meminta masyarakat tidak perlu ragu-ragu terhadap program vaksinasi yang dicanangkan pemerintah. Termasuk soal hasil uji klinik, izin Badan POM dan juga kehalalan vaksin yang disediakan pemerintah.

“Saya sendiri kalau izin EUA (izin kedaruratan) tidak keluar, juga tidak mau divaksin. Nah ini sudah keluar izin BPOM dan juga MUI,” tandasnya.

Sebanyak 16 orang akan menerima suntikan perdana vaksin Covid-19 buatan raksasa farmasi Tiongkok China, Sinovac. Di antaranya Wagub DIY, Kapolda Irjen Polisi Asep Suhendar, Sekda Kadarmanta Baskara Aji, Wakil Ketua DPRD DIY Suharwanta. Hadir pula Kepala BIN DIY Rudi Iskandar, Kasipers Kasrem 072 Pamungkas Kolonel (CAj) Yohanes Yudy Catur Prihantanto dan Dr sr Rukmono Siswishanto selaku Direktur RSUP Prof Dr Sardjito.

Selain itu ada perwakilan ormas Islam dan organisasi keagamaan. Pemda mengundang perwakilan dari Pimpinan Wilayah Muhammadiyah dan Pengurus Wilayah Nahdhatul Ulama. Ada juga perwakilan KWI, Perma Budhi dan Parisada Hindu Dharma DIY. (*)



SHARE
'

BERITA TERKAIT

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini