atas1

Ini Uniknya Bakpia Kukus Tugu Jogja

Kamis, 25 Apr 2019 | 17:09:44 WIB, Dilihat 38522 Kali
Penulis : Sholihul Hadi
Redaktur

SHARE


Ini Uniknya Bakpia Kukus Tugu Jogja Yudi Permadi menunjukkan produk Bakpia Kukus Tugu Jogja. (sholihul hadi/koranbernas.id)

Baca Juga : Begini Ekspresi Rektor UGM Saat Baca Puisi


KORANBERNAS.ID – Meski tergolong baru, oleh-oleh kuliner khas Yogyakarta yang satu ini mampu mendobrak pasaran bahkan berhasil mengangkat industri pariwisata Yogyakarta. Selain bentuknya menarik dan unik,  cita rasa makanan itu sangat pas di lidah.

Tidak salah apabila keunikan Bakpia Kukus Tugu Jogja ini merebut hati wisatawan saat berkunjung ke Yogyakarta. Karena peminatnya sangat banyak, sering terjadi toko kehabisan stok, terutama saat musim liburan.

“Kami lebih sering diomelin konsumen karena kehabisan stok, menjelang lebaran atau tahun baru sangat ramai,” ujar Yudi Permadi, General Manager Group Sales and Marketing Bakpia Kukus Tugu Jogja, Kamis (25/4/2019), saat peresmian pembukaan toko ke-6 di Jalan Raya Solo Km 9 Maguwoharjo Depok Sleman.

Kepada wartawan dia menyampaikan, pembukaan toko baru ini melanjutkan keberhasilan lima toko yang telah dibuka sebelumnya yaitu di Jalan Kaliurang, Stasiun Lempuyangan, Stasiun Tugu, Bandara Adisutjipto dan Malioboro Mall.

Peresmian toko baru di dekat Bandara Adisutjipto itu ditandai pemotongan tumpeng dan pengguntingan pita.

Di luar dugaan, tak berselang lama usai dibuka toko itu langsung diserbu pengunjung. Bahkan sebelum acara peresmian pun terlihat lalu lalang wisatawan yang sebenarnya ingin berbelanja tetapi harus menunggu acara peresmian toko itu rampung.

Pengunjung berbelanja saat toko baru saja resmi dibuka. (sholihul hadi/koranbernas.id)

“Harapan kita dengan dibukanya toko ke-6 ini bisa lebih baik lagi memberikan layanan kepada warga Yogyakarta dan sekitarnya. Kita beri yang terbaik, bukan untuk pribadi tetapi untuk Jogja. Mudah-mudahan industri kuliner di Yogyakarta bertambah meriah,” ungkap Yudi.

Yang berbeda dengan toko-toko sebelumnya sekaligus menjadi salah satu nilai tambah, toko ke-6 ini lebih luas. Pengunjung pun bisa melihat cara pembuatan Bakpia Kukus Tugu Jogja di tempat itu.

Peresmian toko Bakpia Kukus Tugu Jogja kali ini dihadiri direksi, rekan bisnis dan tamu undangan dari Bandara Adisutjipto maupun PT Kereta Api Indonesia Daop VI.

Pada acara grand opening yang dipandu Komika Awangizm itu, tampil pula komika asal Jogja Mukti Entutz. Melengkapi acara peresmian dibagikan door prize.

Menurut Yudi Permadi, Bakpia Kukus Tugu Jogja dengan cita rasa yang ngangenin telah menjadi ikon baru kuliner khas Yogyakarta karena memiliki tekstur dan rasa yang berbeda dari bakpia pada umumnya.

Antusias dan respons masyarakat yang positif menjadikan Bakpia Kukus Tugu Jogja menjadi salah satu pilihan baru bagi wisatawan dari dalam maupun luar negeri yang berburu oleh-oleh. Semua kalangan menyukainya, apalagi kaum milenial.

Peresmian toko ke-6 Bakpia Kukus Tugu Jogja, Kamis (25/4/2019). (sholihul hadi/koranbernas.id)
 

Bakpia Kukus Tugu Jogja hadir dengan berbagai rasa seperti Original Keju, Original Kacang Hijau, Original Kacang Merah, Original Cokelat, Brownies Cokelat dan Brownies Keju.

“Dengan diresmikannya toko keenam Bakpia Kukus Tugu logja di Jalan Raya Solo ini, harapan besar kami adalah memperkenalkan bakpia kukus kepada masyarakat secara lebih luas, melebarkan bisnis kuliner serta meningkatkan industri di bidang pariwisata di Yogyakarta dan sekitarnya,” paparnya.

Yudi mengakui, Bakpia Kukus Tugu Jogja mulai diproduksi pada 2017. Ibaratnya masih seumur bayi. Ide pembuatan bakpia ini diawali keinginan pemilik usaha itu, Anggara Jati, membuat produk bakpia namun tidak seperti produk yang sudah ada selama ini.

“Initinya kita tetap harus menjaga produk khas Jogja. Namanya tetap bakpia hanya cara membuatnya bukan dibakar atau panggang tetapi dikukus dengan isi berbeda-beda,” ungkapnya.

Produk ini awet selama tujuh hari. “Memang tingkat keawetannya lebih pendek, jika disimpan di lemari es bisa bertahan 14 hari,” tambahnya. Dalam sehari, ribuan produk Bakpia Kukus Tugu Jogja terjual dari setiap toko.

Bentuknya yang bulat sangat identik dengan blangkon yang juga bulat. Dengan kata lain, secara filosofi memiliki keterkaitan dengan ikon Yogyakarta yang sudah lebih dulu ada. “Kebetulan bakpia ini bulat sama kayak blangkon,” jelasnya.

Toko ke-6 Bakpia Kukus Tugu Jogja yang berlokasi di tempat strategis itu buka mulai pukul 06:00 sampai 22:00. Kenapa lebih pagi? Selain untuk melayani wisatawan yang melakukan penerbangan pagi, juga memberikan keleluasaan pengunjung untuk berbelanja.

“Kami tidak membatasi orang untuk berbelanja. Jangan khawatir belanja, kami selalu siap melayani. Kita juga punya delivery order, siap mengantar kiriman ke tujuan,” kata Yudi. (sol)



Rabu, 24 Apr 2019, 17:09:44 WIB Oleh : Arie Giyarto 1307 View
Begini Ekspresi Rektor UGM Saat Baca Puisi
Rabu, 24 Apr 2019, 17:09:44 WIB Oleh : Sari Wijaya 1312 View
Muncul Lubang Sedalam Empat Meter Saat Jalan Ini Ambles
Rabu, 24 Apr 2019, 17:09:44 WIB Oleh : Redaktur 1563 View
Ratusan Prajurit Jalani Tes Fisik

Tuliskan Komentar