atas1

Ingin Mencicipi Beragam Soto Nusantara, ke Prambanan Saja

Rabu, 12 Des 2018 | 00:51:17 WIB, Dilihat 777 Kali - Oleh Yvesta Putu Sastrosoendjojo

SHARE


Ingin Mencicipi Beragam Soto Nusantara, ke Prambanan Saja Koordinator Java Promo Yetti Martanti menyampaikan paparan terkait Java Heritage Culinary 2018, Selasa (11/12/2018).(yvesta putu sastrosoendjojo/koranbernas.id)

Baca Juga : Agenda Pemberantasan Korupsi Capres Jangan Hambar


KORANBERNAS.ID -- Soto menjadi salah satu menu makanan wajib yang harus dicicipi bila pergi di suatu daerah. Dengan keberagaman budaya dan tradisi, tiap kota di Indonesia memiliki ragam menu soto yang berbeda satu dengan lainnya seperti soto Kudus, soto Lamongan, soto Solo dan lainnya.

Untuk menikmati berbagai rasa soto Nusantara tak perlu kemana-mana, cukup ke Lapangan Sentono, Kompleks Taman Candi Prambanan, Sabtu (15/12/2018) mendatang dalam Java Heritage Culinary 2018. Sekitar 60 penjual atau penikmat soto Nusantara siap berlomba membuat menu khas Indonesia itu.

Selain soto juga digelar Lomba Menghias Minuman Kopi Latte Art. Kegiatan tersebut sebaga wadah kerjasama Kabupaten/Kota di DIY dan Jawa Tengah untuk mempromosikan pariwisata secara bersama-sama dalam satu wilayah destinasi pariwisata.

"Selain itu mengembangkan produk pariwisata yang berpotensial antardaerah," ujar Koordinator Java Promo Yetti Martanti, Selasa (11/12/2018).

Dipilihnya menu lokal dalam kegiatan tersebut diharapkan dapat mengangkat kedua potensi pangan lokal sebagai primadona di setiap daerah wisata. Apalagi kuliner selalu menjadi daya tarik wisata di berbagai daerah.

Java Promo yang berdiri sejak 2002 mengkolaborasikan potensi wisata dari Kota Yogyakarta, Kabupaten Sleman, Kabupaten Gunungkidul, Kabupaten Bantul, Kabupaten Klaten dan Kabupaten Temanggung. Selain itu Banjarnegara, Kabupaten Boyolali, Kabupaten Karanganyar, Kabupaten Kulon Progo, Kabupaten Kebumen, Kabupaten Magelang, Kota Magelang, Kabupaten Semarang, Kabupaten Purworejo, dan Kabupaten Wonosobo.

Ketua Indonesian Food and Beverage Executive Association –IFBEC DIY, RM Wijonarko menambahkan, kegiatan itu diharapkan memperkuat positioning Java Promo sebagai destinasi unggulan di DIY dan Jateng. Dengan demikian bisa meningkatkan jumlah kunjungan dan lama tinggal wisatawan.

"Dengan kegiatan ini diharapkan meningkatkan alternatif kunjungan wisata di jogja dan jateng," imbuhnya.(yve)



Rabu, 12 Des 2018, 00:51:17 WIB Oleh : Muhammad Zukhronnee Ms 583 View
Agenda Pemberantasan Korupsi Capres Jangan Hambar
Selasa, 11 Des 2018, 00:51:17 WIB Oleh : W Asmani 607 View
Pemberdayaan Ini Membuat Perempuan Sumringah
Selasa, 11 Des 2018, 00:51:17 WIB Oleh : Arie Giyarto 1086 View
Saat Gareng Pegang Gagang Mikrofon

Tuliskan Komentar