atas1

Indra Uno Ajak Warga Berlomba Selesaikan Masalah Bangsa

Minggu, 31 Mar 2019 | 17:46:34 WIB, Dilihat 467 Kali - Oleh Surya Mega

SHARE


Indra Uno Ajak Warga Berlomba Selesaikan Masalah Bangsa Indra Uno melihat proses produksi ceriping singkong dan tales di Ambartawang, Grabak Magelang, Minggu (31/3/2019). (istimewa)

Baca Juga : Kenali Hukum, Jauhi Hukuman


KORANBERNAS.ID—Indra Cahya Uno, Minggu (31/3/2019) berkunjung ke sentra jajanan atau makanan kecil di Ambartawang, Grabak, Magelang. Di sini, Indra mengajak dan mendorong warga untuk berlomba ikut memberi solusi masalah bangsa, salah satunya pengangguran.

Kunjungan Indra Uno di Grabak, diawali dengan meninjau pabrik mesin tepat guna Reka Teknik di Dusun Panjangan. Pabrik ini memproduksi berbagai jenis mesin atau alat tepat guna, mulai dari mesin penggiling baso, pencacah singkong, perajang tempe dan lain sebagainya.

Pabrik milik Baihaki, selama ini telah banyak mengirimkan mesin-mesinnya untuk para pelaku UMKM di Magelang dan DIY. Penggunaan mesin-mesin tepat guna, mampu mendorong produktivitas usaha para pelaku UMKM, sehingga dinilai menjadi jejaring sangat penting bagi program OK OCE yang diusung oleh Sandiaga Uno, cawapres yang ikut mendamping Prabowo Subianto dalam Pilpres 2019.

Usai dari Reka Teknik, Indra dan rombongan langsung menuju sentra makanan di Ambartawang, untuk melihat langsung pembuatan ceriping singkong dan tales milik Alfa Jaya Snack dan memberikan motivasi kepada peserta “Pelatihan Mengolah Hasil Panen Menjadikan ke Nilai yang Lebih Tinggi”.

Pelatihan ini sendiri, diselenggarakan kerjasama dengan OK OCE Prasasti DIY, dengan tujuan untuk membuka wawasan masyarakat tentang pentingnya nilai tambah pada hasil pertanian. Nilai tambah ini, kata Indra, bukan saja akan meningkatkan margin atau pendapatan warga, tapi lebih penting lagi akan menambah lapangan kerja baru bagi masyarakat.

“Bapak karyawannya 30 kan ya?. Nantinya, harus bisa dilipatgandakan. Caranya bagaimana?. Ya terus berinovasi untuk memberi nilai tambah dan menyasar banyak segmen pasar. Tim OK OCE, akan membantu warga. Yang sudah punya usaha akan didorong dapat mengembangkan skala usahanya. Yang belum punya usaha, akan dituntun agar punya usaha dan mendapat penghasilan untuk memenuhi kebutuhan, setidaknya kebutuhan sendiri. Syukur ke depan juga dapat merekrut karyawan,” kata Indra.

Indra Uno bersama rombongan dan pemilik Reka Teknik, di Panjangan, Grabak, Magelang. (istimewa)

Umar Al Faruqi Pemilik Alfa Jaya Snack mengaku sudah 3 tahun menggeluti usahanya ini. Mempekerjakan 30 orang karyawan, Alfa Jaya Snack mampu memproduksi ceriping tales 600 kg dan ceriping singkong 700 kg perhari. Kebutuhan bahan baku berupa singkong dan tales mencapai 2 ton perhari.

“Kalau pemasaran, selama ini saya menjual ceriping dalam kantung besar. Tapi tadi saran dari Tim OK OCE akan saya coba juga dengan kemasan-kemasan premium ukuran lebih kecil. Kalau kendala, saya hanya khawatir dengan bahan bakar solar. Kami ini industry kecil, tentu berharap dapat ikut mendapatkan solar bersubsidi,”katanya.

Dalam kesempatan ini, Indra yang notabene adalah Co Founder OK OCE banyak mendapat keluhan dari masyarakat terkait kesulitan dunia usaha di tahun-tahun belakangan. Juga keluhan warga menyangkut beban biaya hidup sehari-hari yang terus membengkak. Warga antara lain menyebut tingginya harga Bawang Merah dan Putih yang menembus Rp 40 ribu perkilo. (SM)



Sabtu, 30 Mar 2019, 17:46:34 WIB Oleh : Redaktur 491 View
Kenali Hukum, Jauhi Hukuman
Sabtu, 30 Mar 2019, 17:46:34 WIB Oleh : Sari Wijaya 583 View
Jangan Rendam Tabung Bocor
Sabtu, 30 Mar 2019, 17:46:34 WIB Oleh : Nila Jalasutra 332 View
Pejabat Ini Diarak ke Rumahnya Saat Pensiun

Tuliskan Komentar