atas1

Ikan Uceng Temanggung Sangat Terkenal

Rabu, 21 Agu 2019 | 17:17:31 WIB, Dilihat 683 Kali
Penulis : Endri Yarsana
Redaktur

SHARE


Ikan Uceng Temanggung Sangat Terkenal Bupati Temanggung HM Alkhaziq menerima sertifikat dari Dirjen Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM, Freddy Harris. (endri yarsana/koranbernas.id)

Baca Juga : Seluruh Wilayah DIY Bertanda Merah


KORANBERNAS.ID -- Bupati Temanggung HM Alkhadziq mengakui keberadaan ikan uceng yang hidup di habitat 18 sungai di wilayah kabupaten itu sangat terkenal.

“Uceng hasil tangkapan  diolah  menjadi ikan uceng goreng yang terkenal sejak lama dan banyak disukai masyarakat karena mempunyai karakteristik dan cita rasa khas dibanding produk uceng dari daerah lain,” ujarnya, Rabu (21/8/2019), di Pendapa Jenar kantor bupati setempat.

Menurut dia, uceng merupakan salah satu sasaran tangkap favorit para pencari ikan.“Ikan uceng  merupakan salah satu ikan endemik di Kabupaten Temanggung,” jelasnya.

Karena kekhasannya itulah, Direktur Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM, Freddy Harris, menyerahkan sertifikat.

Dia didampingi Kakanwil Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Jawa Tengah Sutrisman dan pejabat terkait.

Menurut Freddy, penyerahan sertifikat indikasi geografis ikan uceng diberikan berdasarkan hasil kajian secara berjenjang atas kepemilikan atau produk khas Temanggung yakni ikan uceng.

Sebelumnya, Pemkab Temanggung bersama Masyarakat Perlindungan Indikasi Geografis Ikan Uceng menyampaikan dokumen permohonan ke pemerintah pusat.

Dokumen tersebut berupa deskripsi indikasi yang memuat informasi, termasuk reputasi, kualitas dan karakteristik barang atau produk yang terkait dengan faktor geografis ikan uceng.

Dia  mengapresiasi upaya yang dilakukan Pemkab Temanggung untuk mendapatkan pengakuan sebagai pemegang hak atas indikasi geografis ikan uceng.

"Ini merupakan peluang untuk dapat mengusulkan spesifikasi khas daerah Temanggung yang lain guna memperoleh pengakuan yang sama." ungkapnya.

Sertifikasi indikasi geografis merupakan upaya untuk melindungi produk suatu daerah agar tidak diklaim dan dipatenkan oleh daerah lain.

Melalui perlindungan indikasi geografis akan diperoleh manfaat seperti memperjelas identifikasi produk dan menetapkan standar produk dan proses di antara para pemangku kepentingan.

Selain itu, juga menghindari praktik persaingan curang, memberikan perlindungan konsumen dan penyalahgunaan reputasi indikasi geografis.

HM Alkhadziq menyampaikan apresiasi kepada Dirjen Kekayaan Intelektual Kemenkumham RI yang telah menerbitkan sertifikat tersebut.

Sertifikasi itu diharapkan menjamin kualitas produk ikan uceng asli Temanggung sehingga memberikan kepercayaan pada konsumen dan memperkuat reputasinya. (sol)



Rabu, 21 Agu 2019, 17:17:31 WIB Oleh : Sholihul Hadi 3233 View
Seluruh Wilayah DIY Bertanda Merah
Senin, 19 Agu 2019, 17:17:31 WIB Oleh : Sari Wijaya 563 View
Sudah Beli Air Masih Antre Pula
Senin, 19 Agu 2019, 17:17:31 WIB Oleh : Nila Jalasutra 574 View
Ribuan Atlet ASN Bertanding di Enam Cabor

Tuliskan Komentar