Jumat, 17 Sep 2021,


grebeg-kamardikan-semarakkan-hut-ri-di-purworejoDyah Woro, Agung Wibowo dan Kepala Humas Pemkab Purworejo Bambang Gatot Seno Aji, memberikan keterangan pers di Press Center Setda Purworejo, Jumat (9/8/2019). (w asmani/koranbernas.id)


asmani
Grebeg Kamardikan Semarakkan HUT RI di Purworejo

SHARE

KORANBERNAS.ID – Menyemarakkan peringatan HUT ke-74 RI, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Purworejo, Sabtu (24/8/2019) mulai pukul 15:00, mengadakan event Grebeg Kamardikan.


"Peserta Grebeg Kamardikan dari SMA dan beberapa kelompok seni," terang Agung Wibowo, Kepala Disparbud Purworejo di hadapan awak media, Jumat (9/8/2019), di Press Center Komplek Setda Purworejo.

  • Menengok Punden Peninggalan Majapahit di Desa Banyuurip
  • Jelang Idul Adha Gas 3 Kg Dipantau secara Acak

  • Menurut Agung, masing-masing sekolah sudah menetapkan tema kepahlawanan nasional ataupun lokal. Per kelompok terdiri 20-30 orang.

    Grebeg Kamardikan tahun 2019 berbeda dengan sebelumya. Tahun lalu peserta berjalan di aspal sedangkan penonton di trotoar.

  • Susahnya Atasi Persoalan Sampah di Pasar Klaten
  • Tanpa Inovasi Koperasi Habis Ditelan Zaman

  • Tahun ini dibalik. Catwalk di trotoar sementara penonton berada di aspal. “Kami berharap masyarakat bisa menonton dengan leluasa," ujarnya.

    Panitia sengaja menerapkan cara itu supaya space pertunjukan tidak terganggu penonton.

    Kepala Bidang Pengembangan dan Kapasitas Promosi Disparbud, Dyah Woro, menambahkan Grebeg Kamardikan merupakan usulan Disparbud Purworejo.

    Ini didasari pertimbangan peserta dari sekolah selalu mengenakan kostum karnival sehingga bisa dikemas menjadi event pariwisata yang menarik. Kalau pun kemudian ada pro dan kontra, itu hal yang indah.

    "Di sisi lain, sekolah merasa diuntungkan karena dari segi biaya irit. Dari 30 peserta, yang berkostum hanya 5 orang,” ungkapnya.

    Perhelatan Grebeg Kamardikan tidak dilombakan, tujuannya agar peserta dari SLTA bisa tampil maksimal tanpa berpikir kalah atau menang.

    Pada bagian, dia menyampaikan karnaval jalan kaki dalam rangka peringatan HUT RI dimulai 13 Agustus 2019.

    Karnaval dengan peserta kelompok PAUD dan TK berlangsung Selasa (23/8/2019) pagi, disusul siang hari karnaval tingkat SD, SMP dan MTs. Pendaftar untuk SD ada 13, SMP/MTs 20 pendaftar.

    Peserta karnaval dari OPD atau dinas, kecamatan dan umum sudah mendaftarkan diri. Dari OPD terdaftar 14, kecamatan 8 peserta dan komunitas 15 pendaftar. Karnaval ini menggunakan kendaraan bermotor.

    Dewan juri terdiri dari unsur media, komunitas dan praktisi seni. Panitia menyediakan hadiah juara karnaval berupa trofi dan piagam untuk juara 1 sampai 5. (sol)



    SHARE



    '

    BERITA TERKAIT


    Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

    Tulis Komentar disini