garagara-lotis-michelle-ziudith-jadi-wanita-jawa Michelle Ziudith dan Rizky Nazar dalam Screening film "Calon Bini" di JCM, Selasa (5/2/2019). (yvesta putu sastrosoendjojo/koranbernas.id)


yvesta

Gara-gara Lotis, Michelle Ziudith Jadi Wanita Jawa

SHARE

KORANBERNAS.ID -- Apa sih istimewanya lotis ? Bagi artis muda, Michelle Ziudith yang mengolah buah jadi rujak yang bumbunya dipisah tersebut membuatnya menjadi wanita Jawa yang seutuhnya.

"Waktu syuting jadi Ningsih di Sleman, aku belajar buat lotis. Enak banget ternyata, ngulek sambelnya. Waktu aku praktikkan lagi saat pulang ke Jakarta juga enak," ungkap Michelle dalam Screening film "Calon Bini" di Jogja City Mall (JCM), Selasa (5/2/2019).


Baca Lainnya :

Tak hanya lotis, dalam film komedi romantis besutan Screenplay Films itu, Michelle yang bermain bersama Rizky Nazar juga akhirnya bisa berbahasa Jawa. Selama sebulan, dia secara serius les Bahasa Jawa bersama guru privat dan aktor-aktor senior seperti Butet Kertaradjasa dan Marwoto.

Buat gadis keturunan Belanda-Medan itu, belajar Bahasa Jawa ternyata tidak semudah belajar Bahasa Belanda dan Prancis. Dia harus benar-benar memahami arti dan dialek bahasa Jawa sehingga bisa melafalkannya dengan benar.


Baca Lainnya :

"Saya sampai mencatat arti bahasa jawa dalam dialog yang saya ucapkan dan berlatih berulang kali agar tidak salah ucap. Bersyukur bisa dibantu aktor-aktor senior yang memperbaiki bila lafal saya salah," ungkapnya.

Sementara Rizky mengaku menikmati berakting kembali bersama Michelle. Mereka bisa mendapatkan chemistry dengan cepat karena mengenal pasangannya tersebut di film sebelumnya.

"Kami syuting di Jogja dan Jakarta kurang lebih sebulan. Film ini merupakan genre komedi pertama yang saya mainkan," jelasnya.

Karin, siswi SMA Stella Duce 1 Yogyakarta yang mendapatkan kesempatan menonton screening film ini mengungkapkan, akting Michelle sebagai wanita Jawa cukup bagus. Meski tidak pernah belajar Bahasa Jawa sebelumnya, dialek dan intonasi artis tersebut laiknya logat masyarakat Yogyakarta.

"Bagus, bikin ngakak dengan logat bahasa jawanya menurut kami karena dia tidak pernah ngomong bahasa Jawa," ungkap Karin yang menonton bersama tiga temannya, Dhista, Diva dan Kayla.

Bersama Rizky Nazar yang berperan sebagai Satria, dalam film yang akan rilis di bioskop pada 14 Februari 2019 ini, Michelle memerankankan karakter Ningsih, gadis asal Yogyakarta, Meskipun berasal dari kampung, Ningsih punya cita-cita hidup sukses untuk membahagiakan orangtuanya.

Namun dia menolak untuk dijodohkan dengan Sapto, pemuda di desanya sekaligus anak pak Kepala Desa yang diperankan Butet. Karena tidak cinta dan bingung, Ningsih pun memilih kabur ke Jakarta.

Sapto yang ditinggal Ningsih pun sedih, ia berusaha mengejar Ningsih walau harus sampai jatuh ke sawah dan berlumuran lumpur, tapi sayangnya usaha Sapto tidak berhasil karena Ningsih sudah lebih dulu kabur menaiki kereta. Di Jakarta, Ningsih bekerja dan tinggal di rumah Oma (Niniek L Karim). Oma sangat sayang kepada Ningsih, sebab hanya Ningsih yang bisa mengerti keadaan Oma.

Namun kehidupan baru Ningsih selama di Jakarta menemui tantangan, sampai-sampai Oma meminta cucunya Satria untuk membawa Ningsih kembali. Beragam kejadian udik mewarnai kehidupan Ningsih, belum lagi sosok pemuda misterius yang ditemui Ningsih di dalam kereta saat perjalanan dari kampungnya ke Jakarta. Namun itulah bumbu-bumbu drama dan komedi yang akan tersaji dalam film Calon Bini.

Film Calon Bini mengangkat tema cerita dengan nuansa yang menggambarkan kehidupan orang Jawa, mulai dari tata busana, percakapan dan logat jawa yang beitu kental di film ini sehingga film Calon Bini juga mengandung kearifan lokal Indonesia

Film yang disutradarai oleh Asep Kusdinar juga turut dibintangi oleh sederet bintang lain yakni Slamet Rahardjo, Niniek L karim, Cut Mini, Dian Sidik, Minati Atmanegara, Butet Kertaradjasa, Ramzi, Maya Wulan, Yuniza Icha, dan penampilan khusus Antonio Blanco Jr, cucu pelukis terkenal Antonio Blanco.(yve)


TAGS:

SHARE

BERITA TERKAIT

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini