Minggu, 09 Mei 2021,


dprd-purworejo-segera-panggil-dinas-dan-kepala-sekolahWakil Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Purworejo Muhammad Abdullah. (W Asmani/koranbernas.id)


Wahyu Nur Asmani EW
DPRD Purworejo Segera Panggil Dinas dan Kepala Sekolah

SHARE

KORANBERNAS.ID, PURWOREJO--Ramainya pemberitaan terkait Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Afirmasi, DPRD Purworejo segera akan memanggil Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dindikpora) dan kepala sekolah.


“Kami baru tahu kalau ada program BOS Afirmasi setelah ramai di media. Lalu sikap kami, pertama kita menganut asas praduga tak bersalah. Jadi kami ingin memanggil dinas dan kepala sekolah untuk mengkonfirmasi apakah berita di media itu benar atau tidak benar,” terang Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Purworejo Muhammad Abdullah, kepada koranbernas.id, Senin (19/4/2021).


Wakil Ketua Komisi IV DPRD Purworejo yang membidangi Pendidikan, Pariwisiata, Kebudayaan, Kesra dan Olahraga ini, mengaku mengetahui adanya program BOS Afirmasi setelah ramai di media yang sekarang sedang dilakukan lidik oleh kejaksaan. Karena BOS Afirmasi merupakan sumber dana dari APBN dan APBD, sehingga baik dinas maupun kepala sekolah dalam hal proses pengajuan maupun pada tahapan pelaksanaannya tidak menginformasikan kepada Komisi IV.

“Kami juga akan menanyakan BOS Afirmasi itu nilainya berapa, peruntukannya apa, bagaimana cara penggunaannya dan lain sebagainya. Sehingga kami bisa dapatkan informasinya. Kalau proses hukum bukan ranah kami, kami hanya ingin mengetahui dari sisi pengawasan sebagai DPRD, terkait ramainya pemberitaan tentang BOS Afirmasi,” ujar Abdulah di Kantor DPRD Kabupaten Purworejo.


Menurutnya, secara etis DPRD sebagai mitra yang membidangi soal pendidikan, mestinya diberitahu apapun yang terkait dengan pendidikan. Sebagai mitra harus saling menginformasikan, meskipun tidak ada kewajiban karena sumber dananya dari APBN.


Abdullah berpesan kepada kepala sekolah, sepanjang mereka melaksanakan kegiatan dengan benar, sebetulnya kan tidak ada bahasa resah atau takut dan lain sebagainya.


“Tapi saya tidak tahu dalam pelaksanaan BOS Afirmasi kemarin seperti apa. Apakah sesuai prosedur apa tidak. Sekali lagi kami Komisi IV akan menggali informasi kepada mitra dinas maupun kepada kepala sekolah. Untuk jadwal, kita akan melihat agenda damus. Kapan ada celah waktu untuk melakukan pertemuan konfirmasi itu, segera dilakukan,” sebutnya.

Harapannya, pelaksanaannya sesuai prosedur, kemudian tidak ada persoalan dan kepala sekolah dapat bekerja dengan nyaman. Tapi jika di sisi lain itu memang ada ketidak sesuaian dan ada ketidakbenaran dalam pelaksanaan, maka akan masuk ranah hukum dan DPRD Purworejo tidak akan mencampuri. (*)

 

 



SHARE


'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini