Kamis, 21 Okt 2021,


dprd-kebumen-menyetujui-dana-cadangan-pilbup-2024-sebesar-rp-35-miliarKetua DPRD Kebumen Sarimun menyerahkan naskah Perda Pembentukan Dana Cadangan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kebumen 2024 kepada Sekretaris Daerah Kebumen Ahmad Ujang Sugiono. (istimewa)


Nanang W Hartono
DPRD Kebumen Menyetujui Dana Cadangan Pilbup 2024 Sebesar Rp 35 Miliar

SHARE

KORANBERNAS.ID, KEBUMEN -- Enam fraksi di DPRD Kebumen menyetujui dana cadangan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup) Kebumen 2024 sebesar Rp 35 miliar.


Keenam fraksi dalam pendapat akhirnya pada Rapat Paripurna DPRD Kebumen yang dipimpin Ketua DPRD, Sarimun, Selasa (12/10/2021), menyetujui hasil pembahasan Pansus Raperda Pembentukan Dana Cadangan Pilbup Kebumen 2024.


Enam fraksi bersama tim penyusun raperda dan penyelenggara pemilu telah mendalami faktor-faktor yang mempengaruhi penentuan besaran dana cadangan.

Antara lain, proyeksi jumlah pemilih, jumlah TPS, analisis rencana anggaran KPU Kebumen dan Bawaslu Kebumen, serta pertimbangan kemampuan riil keuangan daerah pada tahun anggaran 2022 dan 2024.


Juru bicara Fraksi PDI Perjuangan Drs H Tongat mengatakan, fraksinya sepakat dengan semua faktor yang diperhitungkan, sehingga jumlah kekurangan dana pada tahun pelaksanaan tidak terlalu besar.

Dana cadangan itu dinilai tidak mengganggu ritme dan harmoni proses pembangunan daerah.

Fraksi PDI Perjuangan sepakat, dana cadangan harus memiliki fleksibilitas, sehingga dapat digunakan dalam proses dan tahapan Pilbup Kebumen 2024, dan memastikan proses pemilihan dapat berjalan lancar.

Fraksi PDI Perjuangan juga mengingatkan pentingnya akuntabilitas setiap penggunaan dana yang bersumber dari APBD dan APBN. Peran aparat pengawas internal pemerintah harus diperkuat untuk mengawal setiap proses penggunaan anggaran. (*)


TAGS: DPRD  Kebumen 

SHARE



'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini