Kamis, 21 Okt 2021,


dprd-diy-dukung-pemda-alokasikan-dana-rp-261-miliar-untuk-tangani-covid-di-desaDari kiri, Suwardi, Eko Suwanto dan Heri Dwi Haryono menyampaikan keterangan pers. (istimewa)


Siaran Pers
DPRD DIY Dukung Pemda Alokasikan Dana Rp 26,1 Miliar untuk Tangani Covid di Desa

SHARE

KORANBERNAS.ID, YOGYAKARTA – Komisi A DPRD DIY memberikan dukungan kepada Pemda DIY mengalokasikan dana sebesar Rp 26,1 miliar untuk penanganan Covid-19 di desa dan kalurahan. Adapun rinciannya Rp 22,6 miliar untuk 392 desa sedangkan Rp 3,5 miliar untuk 46 kalurahan di DIY. Dana itu merupakan alokasi anggaran tahun 2021 melalui Dana Keistimewaan (Danais) serta Belanja Tidak Terduga (BTT) yang dikoordinasikan dengan Satpol PP dan Paniradya Keistimewaan.


“Alokasi dana untuk membantu sarana dan prasarana Jaga Warga  Rp 26,1 miliar dialokasikan antara lain untuk pengadaan tabung oksigen, oxyneter, alat fogging, masker, APD dan sembako. Rp 22,6 miliar sudah sebagian teralokasikan ke desa-desa, dilanjutkan Rp 3,5 miliar untuk membantu 45 kelurahan di Yogyakarta dan satu kelurahan di Kulonprogo. Semoga dapat membantu masyarakat dalam pencegahan dan penanganan Covid di desa dan kelurahan,” kata Eko Suwanto, Ketua Komisi A DPRD DIY, Jumat (17/9/2021).


Khusus di empat kabupaten sudah berjalan sejak awal September silam, sementara di 46 kelurahan dengan 1 di Kulonprogo dan 45 lurah di Kota Yogyakarta sudah ada koordinasi.

“Harapan kita yang di kelurahan, terus menggelorakan semangat menolong orang lain. Khusus untuk SAR Istimewa nanti juga ada bantuan APD dan ambulans, serta mobil jenazah,” kata Eko Suwanto. Ditargetkan Oktober 2021 seluruhnya bisa terealisasi.


Menurut dia, alokasi anggaran sudah sesuai ketentuan. Rp 26,1 miliar sudah berjalan dan berproses untuk dibelanjakan. Sementara Rp 3,5 miliar di bawah koordinasi pemda lewat Satpol PP untuk 46 kelurahan di Yogyakarta dan Kulonprogo.

"Kita harapkan bantuan ini dilaksanakan secepatnya agar segera bisa dimanfaatkan masyarakat. Misalnya di Kota Yogyakarta di semua wilayah kampung melalui lurah koordinasi Jaga Warga. Laksanakan kegiatan ini dengan baik dan tetap kedepankan asas kehati-hatian," kata Eko.

Wakil Ketua Komisi A DPRD DIY, Suwardi,  menambahkan penerapan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) hasilnya sudah terasa. Sekarang sudah kepala satu dengan tiga digit. Upaya penanganan Covid-19 di DIY didukung dengan alokasi anggaran lewat dana keistimewaan untuk percepatan penanganan penyakit menular,” ungkapnya.

“Ini hasil kerja sama semua, terima kasih. Melalui Komisi A kita dorong juga untuk 46 kelurahan yang sebelumnya belum masuk bantuan alokasi dana keistimewaan bisa mendapatkan. Termasuk alokasi untuk bantu vaksinasi. Semoga masyarakat semangat, kita berharap tetap menjalankan prokes,” kata Suwardi.

Heri Dwi Haryono, anggota Komisi A DPRD DIY menambahkan dana Rp 26,1 miliar dialokasikan untuk membantu masyarakat menanggulangi Covid.

“Dana itu agar tetap  bisa digunakan dengan perubahan laporan APBDes, APB kelurahan dibuat sesuai kondisi di wilayah lalu dapat alokasi bantuan,” kata Heri. (*)


TAGS: DPRD  DIY 

SHARE



'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini