desa-sinduadi-maju-lomba-pkkPenyambutan tim evaluasi lomba di Balai Desa Sinduadi Mlati, Senin (12/11/2018). (istimewa)


bid-jalasutra

Desa Sinduadi Maju Lomba PKK


SHARE

KORANBERNAS.ID -- Desa Sinduadi Mlati Sleman maju lomba Kesatuan Gerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga- Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (PKK-KKBPK) Tahun 2018.

Senin (12/11/2018), tim evaluasi lomba datang. Di balai desa setempat mereka diterima Bupati Sleman Drs H Sri Purnomo MSI dan Ketua TP PKK Kabupaten Sleman, Kustini Sri Purnomo beserta Kepala Dinas P3AP2KB Kabupaten Sleman, dr Mafilindati Nuraini MKes.


Baca Lainnya :

Sri Purnomo menyampaikan kunjungan tim tersebut diharapkan semakin memotivasi PKK Kabupaten Sleman berperan aktif dalam pembangunan.

"Momentum ini juga merupakan saat yang sangat tepat untuk kembali melakukan evaluasi terhadap hasil kegiatan program-program pelayanan kesehatan serta upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, khususnya kesehatan ibu," jelasnya.


Baca Lainnya :

Keberhasilan PKK menjalankan peran dan fungsinya secara optimal tidak terlepas dari kesadaran masyarakat yang semakin tinggi melaksanakan program KB.

Dia mengakui, peran PKK dalam mewujudkan keluarga sejahtera sangatlah besar. Di tingkat dusun, kegiatan Posyandu, Posyandu Lansia dan juga KB banyak didukung oleh ibu-ibu  PKK.

Pemkab Sleman memiliki komitmen kuat meningkatkan derajat hidup masyarakat. Pembangunan di bidang kesehatan telah menunjukkan hasil menggembirakan.

Derajat kesehatan masyarakat Sleman pada 2017 yakni Angka Kematian Bayi (AKB) yaitu 4,4 per seribu kelahiran hidup.

Sedangkan jumlah ibu meninggal karena hamil, bersalin dan nifas yaitu 6 ibu meninggal dari 14.025 kelahiran hidup.

Kondisi gizi masyarakat dengan gizi buruk menjadi 0,48 persen. Usia harapan hidup di Kabupaten Sleman berdasarkan hasil dari BPS meningkat menjadi 74,56 tahun.

Peningkatan ini menunjukkan kondisi di Kabupaten Sleman melampui angka nasional, 70,6 tahun.

Ketua TP PKK Desa Sinduadi, Sri Wantini, mengungkapkan salah satu program yang digalakkan warga Desa Sinduadi adalah Kampung KB.

“Kami membentuk Pokja Kampung KB tingkat desa dan padukuhan, mendata potensi dan kegiatan kemasyarakatan serta mengadakan Gerakan KB Pria Sembada dengan jumlah peserta 12 orang,” ujarnya.

Menurut Wantini, TP PKK Desa Sinduadi melakukan program pembinaan Bina Keluarga Balita (BKB), Bina Leluarga Lansia (BKL), Bina Keluarga Remaja (BKR),PIK-R, UPPKS, PHBS, LBS dan  Toga.

Beberapa inovasi juga dilakukan di Desa Sinduadi seperti Kader Anak Kecil Gerakan Mlati I (Kancil Galaxy) yang melakukan pemberantasan sarang nyamuk dan pemeriksaan jentik, Deteksi Dini Aktif dan Kartu Efektif Pemantauan Obat Jiwa (Detektif Kepo Jiwa) maupun Karang Taruna Generasi Remaja Sehat atau Kartun Gress. (sol)



SHARE

BERITA TERKAIT

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini