Rabu, 14 Apr 2021,


deklarasi-cabupcawabup-di-makam-ternyata-ini-alasannyaDeklarasi pasangan cabup - cawabup PDIP Gunungkidul, berlangsung di komplek makam Ki Demang Wonopawiro, Kalurahan Piyaman, Wonosari, Kamis (3/9/2020). (Sutaryono/koranbernas.id)


St Aryono
Deklarasi Cabup-Cawabup di Makam, Ternyata Ini Alasannya

SHARE

KORANBERNAS.ID, GUNUNGKIDUL--PDIP Gunungkidul secara resmi mendeklarasikan Bambang Wisnu Handoyo-Benyamin Sudarmadi, sebagai pasangan calon bupati dan calon wakil bupati (cabup - cawabup). Namun, ada yang tidak biasa dalam pelaksanaan kegiatan ini. PDI Perjuangan yang mempunyai 10 kursi di DPRD ini, melakukan deklarasi di komplek kuburan umum wilayah Kalurahan Piyaman, Kapanewon Wonosari, Kamis (3/9/2020) sore.


Ketua DPC PDIP Gunungkidul, Endah Subekti Kuntariningsih, mengaku sengaja melaksanakan deklarasi pasangan cabup-cawabup di komplek makam. Alasannya, di komplek makam ini ada tokoh dan pejuang Gunungkidul, yakni Ki Demang Wonopawiro. “Sebagaimana kita ketahui bersama, Ki DemangWonopawiro merupakan tokoh yang punya andil besar berdirinya Gunungkidul. Karena Ki Demang Wonopawiro pertama kalinya membuka atau sering disebut dengan babat alas Nongko Doyong, yang menjadi bagian tidak terpisahkan berdirinya Gunungkidul,” katanya.

  • Layanan Kesehatan di Wonosari Bertambah
  • Jawa Tengah Kembangkan Desa Wisata

  • Pasangan cabup - cawabup PDIP Gunungkidul melakukan ziarah di makam Ki Demang Wonopawiro, Piyaman Wonosari, Kamis (3/9/2020). (Sutaryono/koranbernas.id)

    Melalui cara ini, diharapkan pasangan cabup-cawabup PDIP ini bukan hanya meraih suara terbanyak dan menang, namun mampu meneruskan api perjuangan Ki Demang Wonopawiro dalam membangun Gunungkidul. “Gerakannya jelas. Langkahnya tegas. Dengan slogan ora mbrebegi ning ngrampungi,” tuturnya.

  • Cuci Tangan Terus Kapan Makannya...

  • Sebagai bentuk penghormatan pada pejuang dan tokoh pendirinya Gunungkidul, maka sebelum pasangan cabup-cawabup dan rombongan ini naik panggung, mereka melakukan ziarah ke makam Ki Demang Wonopawiro. Mereka tidak hanya menabur bunga dan berdoa di dekat batu nisan Ki Demang, namun secara adat juga pasang kemul atau menambahi kain kafan pada batu nisan.


    Cabup Bambang Wisnu Handoyo dalam kesempatan ini menaruh rasa hormat dan terima kasih pada bupati dan wakil bupati Gunungkidul yang sekarang menjabat, Badingah dan Immawan Wahyudi.


    “Karena di bawah kepemimpinan beliau, telah meletakkan dasar pembangunan. Kami juga siap untuk meneruskan estafet kepemimpinan ini dengan semakin meningkatkan kesejahteraan masyarakat Gunungkidul,” katanya.

    Bahkan, pihaknya berjanji akan memberikan yang terbaik, sehingga warga Gunungkidul nantinya tidak silau dengan keberhasilan kabupaten atau kota yang lain.

    Seusai deklarasi, menurut rencana pasangan cabup-cawabup ini akan mendaftar ke KPU di hari pertama pada Jumat (4/9/2020) besok pukul 13.30 WIB. Pendaftaran pasangan cabup dan cawabup dari PDIP ini dilakukan serentak se-Indonesia, dengan hari dan jam yang sama. (*)

     

     

     

     



    SHARE

    '

    BERITA TERKAIT


    Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

    Tulis Komentar disini