atas

Catat, Mencoblos Hanya Butuh Waktu 3 Menit

Sabtu, 09 Mar 2019 | 20:31:49 WIB, Dilihat 250 Kali - Oleh Sari Wijaya

SHARE


Catat, Mencoblos Hanya Butuh Waktu 3 Menit Masyarakat mengikuti kegiatan simulasi pemungutan dan penghitungan suara yang digelar oleh KPU RI di Goa Selarong, Desa Guwosari,Kecamatan Pajangan, Bantul, Sabtu (9/3/2019). (Sari Wijaya/koranbernas.id)

Baca Juga : Teknologi X-Tronic Hadir di Yogyakarta


KORANBERNAS.ID--Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menggelar simulasi pemungutan dan penghitungan suara di TPS 99 Dusun Kembangputihan, Desa Guwosari,Kecamatan Pajangan Bantul, Sabtu (9/3/2019) mulai pukul 07.00 WIB. Kegiatan yang digelar di kompleks Goa Selarong tersebut dihadiri  komisionmer KPU RI, Ilham Syahputra, Ketua KPU  dari 34 Provinsi, Bawaslu RI, KPU Bantul dan juga  masyarakat yang memiliki hak pilih.
    
“Dipilihnya TPS ini  untuk simulasi nasional karena disini  kami nilai komplit. Ada masyarakat yang masuk Daftar Pemilih Tetap (DPT),  Daftar Pemilih Khusus (DPK) , DPTB (Pemilih Tambahan,red), serta unsur difabel,” kata Ilham.

Dan dari hasil simulasi tersebut, dari mulai pemanggilan, penyerahan kartu suara,  pencoblosan, memasukkan ke kotak suara dimana  ada 5 kotak serta mencelup jari ke tinta membutuhkan waktu 3 menit-5 menit.

“Di Dapil ini juga ada Caleg yang meninggal dan ini harus diumumkan oleh KPPS,” jelasnya.
    
Sementara itu Mestri Widodo SIP MM Komisioner Bidang Hukum KPU Bantul mengatakan jumlah DPT ada 261, ditambah 4 DPK dan 25 DPTB. Jadi total ada 290 pemilih. Tujuan simulasi adalah untuk mengetahui kesiapan aparat terkait dalam rangka  pemilu 17 April mendatang dan juga kesiapan masyarakat pemilih.

“Semua di setting seperti saat pemilu nantinya,” tandasnya.
 
Sementara penyandang difabel Pristi mengatakan jika kedatangannya untuk mengetahui proses pemungutan suara.

“Kami juga sudah mendapat sosialisasi dari KPU Bantul, jika dalam pemungutan menggunakan template sehingga kami bisa membacanya,” ujarnya.

Sementara Mbah Wagiyem (85 tahun) asal Dusun Kembangputihan mengaku kalau mencoblos lima kali dan dia didampingi cucunya.

“Wau niku kulo nyoblos ping gangsal. Trus gambare  buah-buahan, kados semongko,” katanya.

Kertas suara tersebut adalah kertas suara simulasi yang disediakan pihak penyelenggara. (yve)



Sabtu, 09 Mar 2019, 20:31:49 WIB Oleh : Yvesta Putu Sastrosoendjojo 356 View
Teknologi X-Tronic Hadir di Yogyakarta
Sabtu, 09 Mar 2019, 20:31:49 WIB Oleh : Yvesta Putu Sastrosoendjojo 442 View
Ladies, Ingin Tahu Kondisi Kulit? Coba Skin Analyzer
Sabtu, 09 Mar 2019, 20:31:49 WIB Oleh : Sari Wijaya 451 View
Sunmor Siap Digelar Lagi

Tuliskan Komentar