Rabu, 29 Sep 2021,


catat-angka-perceraian-guru-paling-tinggi-di-indonesiaMendikbud RI, Prof Dr Muhadjir Effendy MAP dalam Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan (Sendikmad) di Yogyakarta di Kampus IV UAD, Sabtu (3/11/2018). (yvesta putu sastrosoendjojo/koranbernas.id)


yvesta
Catat, Angka Perceraian Guru Paling Tinggi di Indonesia

SHARE

KORANBERNAS.ID -- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (mendikbud) RI, Prof Dr Muhadjir Effendy MAP merasa miris. Sebab dia mendapatkan info dari Kementerian Sosial (kemensos) bila angka perceraian tertinggi di Indonesia paling banyak pada profesi guru.


"Mensos menyampaikan pada saya kalau memang perceraian tertinggi guru, terutama guru perempuan karena tingkat kemandirian yang tinggi berkat tunjangan profesi yang besar," ungkap Muhadjir dalam Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan (Sendikmad) di Yogyakarta di Kampus IV UAD, Sabtu (3/11/2018). Sedikmad menghadirkan pembicara Dr Nanang Susyanto MSc dari Universitas Gadjah Mada (UGM), dan Prof Dr Yus Muchamad Cholily MSi dari Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).


Menurut Mendikbud, banyak guru yang gaya hidupnya berubah pasca mendapatkan sertifikasi. Bagi sebagian guru, tingginya tunjangan sertifikasi yang didapat membuat mereka jadi lebih konsumtif alih-alih meningkatkan kinerjanya sebagai tenaga pendidik.

Banyak guru yang justru membeli banyak barang seperti mobil, kulkas dan lainnya.  Akibatnya mereka tidak mengajar secara profesional karena lebih memikirkan cara mendapatkan tunjangan profesi.


Padahal pemerintah pada saat ini sudah mengucurkan dana tunjangan profesi lebih dari Rp 75 Triliun. Namun disayangkan belum berdampak langsung pada kualitas guru.

"Saya pernah dapat info dari salah satu kepala daerah, setiap ada rapat guru di pemkab, parkir di alun-alun tidak cukup karena penuh dengan mobil-mobil para guru," tandasnya.(yve)



SHARE



'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini