atas1

Bupati Terjun Langsung Bersihkan Sampah di Selokan Mataram

Sabtu, 13 Apr 2019 | 02:42:11 WIB, Dilihat 397 Kali - Oleh Nila Jalasutra

SHARE


Bupati Terjun Langsung Bersihkan Sampah di Selokan Mataram Bupati Sleman Drs H Sri Purnomo MSI, Jumat (12/4/2019), terjun langsung membersihkan sampah di tepi Selokan Mataram. (istimewa)

Baca Juga : Film 8 Stories Lembutkan Hati Penonton


KORANBERNAS.ID -- Bupati Sleman Drs H Sri Purnomo MSI, Jumat (12/4/2019), terjun langsung membersihkan sampah di tepi Selokan Mataram, pada kegiatan pencanangan Gerakan Indonesia Bersih yang diinisiasi oleh Kejaksaan Tinggi (Kejati) DIY.

Ini dilakukan Sri Purnomo untuk memberikan teladan bagi masyarakat agar selalu menjaga kebersihan Selokan Mataram dan sekitarnya.

“Kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah ke selokan perlu ditingkatkan demi menjaga selokan tetap bersih,” ujarnya.

Ke depan pihaknya akan mengadakan kegiatan serupa secara rutin. “Tidak hanya bersih, tapi kita juga akan membuat taman di sekitar selokan agar terlihat lebih indah," tambahnya.

Dengan  begitu Selokan Mataram menjadi tempat menarik untuk melakukan berbagai kegiatan seperti olahraga, hiburan dan rekreasi.

Sungai-sungai di beberapa negara maju selalu terjaga kebersihannya serta menjadi tempat berbagai aktivitas. “Setelah ini akan langsung kita tindak lanjuti. Setelah bersih-bersih ini kita akan mulai menanam,” jelasnya.

Kepala Kejaksaan Tinggi DIY Erbagtyo Rohan SH MH mengungkapkan kegiatan tersebut untuk mengedukasi masyarakat agar peduli dengan kebersihan sungai dan sekitarnya, khususnya di Selokan Mataram.

Menurut dia, Selokan Mataram mempunyai nilai historis yang erat hubungannya dengan masyarakat Yogyakarta. Dia berharap Selokan Mataram dapat menjadi salah satu destinasi wisata di Yogyakarta.

“Seperti kita ketahui Selokan Mataram ini hasil karya masyarakat Yogyakarta tempo dulu. Selokan Mataram yang legendaris ini harapan saya bisa menjadi obyek wisata,” ungkap Erbagtyo.

Gerakan Indonesia Bersih tersebut merupakan program nasional yang diprakarsai Kementerian Koordinator Kemaritiman RI.

Kejati DIY sebagai leading sector mengajak berbagai stakeholder serta masyarakat untuk menyukseskan program tersebut. Ada 1.300 orang yang terlibat dalam pencangan Gerakan Indonesia Bersih.

Sebelumnya Sri Purnomo juga meresmikan pembangunan jalan, drainase dan Ruang Terbuka Hijau (RTH) di area kali Waras Dusun Ngropoh Desa Condongcatur Depok Sleman, Senin (8/4/2019).

Kali Waras yang dulunya kotor dan bau disulap menjadi tempat yang bersih dan tertata. Pemkab telah berkoordinasi dengan pemerintah desa setempat untuk menggelar beberapa event di tempat tersebut. (sol)



Sabtu, 13 Apr 2019, 02:42:11 WIB Oleh : Sholihul Hadi 782 View
Film 8 Stories Lembutkan Hati Penonton
Sabtu, 13 Apr 2019, 02:42:11 WIB Oleh : Sholihul Hadi 958 View
Triv Berbagi Ilmu Crypto Trading yang Aman
Jumat, 12 Apr 2019, 02:42:11 WIB Oleh : Sholihul Hadi 358 View
DIY Peroleh Tambahan 45 Ribu Pemilih

Tuliskan Komentar