Selasa, 09 Mar 2021,

bupati-serahkan-raperda-pembentukan-perangkat-daerahKH Yazid Mahfudz menyerahkan naskah raperda kepada Ketua DPRD Kebumen Sarimun. (istimewa)


Nanang W Hartono
Bupati Serahkan Raperda Pembentukan Perangkat Daerah

SHARE

KORANBERNAS.ID, KEBUMEN--Bupati Kebumen KH Yazid Mahfudz menyerahkan Raperda Perubahan Atas Perda Kebumen Nomor 7 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah kepada DPRD Kebumen. Raperda diserahkan dalam rapat paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Kebumen, Sarimun, Senin (25/01/2021).

Dalam pengantarnya Yazid Mahfudz mengatakan, raperda tersebut disusun sebagai tindak lanjut perubahan regulasi, serta perubahan dinamika penyelenggaraan pemerintahan di Kabupaten Kebumen, yakni terbitnya Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah.

  • Terapi Ini Bisa Sembuhkan Penyakit tanpa Obat
  • Setiap Tanggal 26 Warga Dengar Sirine Tanda Tsunami

  • Peraturan pemerintah itu telah ditindaklanjuti Pemerintah Kabupaten Kebumen dengan menetapkan Perda Nomor 3 Tahun 2020 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah.

    Implikasi dari ketentuan tersebut, perlu adanya penggabungan perangkat daerah yang menyelenggarakan unsur penunjang dan unsur pemerintahan bidang keuangan.

  • Tiga Nama Berebut Kursi Sekda

  • Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2016 tentang Perangkat Daerah, sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Pemerintah Nomor 72 Tahun 2019 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2016 tentang Perangkat Daerah, di mana salah satunya mengatur tentang Inspektorat Daerah.

    Raperda yang diserahkan juga sebagai tindak lanjut Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 5 Tahun 2017 tentang Pedoman Nomenklatur Perangkat Daerah Provinsi dan Daerah Kabupaten/Kota yang Melaksanakan Fungsi Penunjang Penyelenggaraan Urusan Pemerintahan bidang kepegawaian serta pendidikan dan pelatihan.

    “Perda Kebumen Nomor 7 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah diubah untuk mewujudkan kelembagaan perangkatan daerah yang efektif dan efisien berdasarkan prinsip tepat fungsi dan tepat ukuran, serta agar beban kerja sesuai dengan kondisi nyata di daerah,” kata Yazid.

    Di hari yang sama, DPRD Kebumen menggelar rapat paripurna dengan agenda Pengumuman Penetapan Arif Sugiyanto SH-Ristawati Purwaningsih SST MM sebagai Bupati dan Wakil Bupati Kebumen Terpilih dalam Pilkada Kebumen Tahun 2020.

    Ketua DPRD Sarimun, juga mengumumkan berakhirnya masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati Kebumen periode 2016-2021 pada 17 Februari 2021.

    Proses selanjutnya, DPRD mengusulkan kepada Menteri Dalam Negeri melalui Gubernur Jawa Tengah untuk dilakukan pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Kebumen. (*)

     

     



    SHARE
    '

    BERITA TERKAIT

    Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

    Tulis Komentar disini