Selasa, 18 Mei 2021,


bupati-purworejo-terbitkan-sk-baru-pilkadesDPRD Kabupaten Purworejo dan Perwakilan Polosoro saat berkunjung ke Kemendagri. (istimewa)


Wahyu Nur Asmani EW
Bupati Purworejo Terbitkan SK Baru Pilkades

SHARE

KORANBERNAS.ID, PURWOREJO -- Bupati Purworejo Agus Bastian menerbitkan Surat Keputusan (SK) baru yang mengatur pelaksanaan pemilihan kepala desa (pilkades) tetap dilaksanakan 3 Mei 2021.


Kemunculan SK baru tersebut merupakan buah dari audensi legislatif, eksekutif dan perwakilan Paguyuban Kepala Desa Polosoro Kabupaten Purworejo ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Kamis (28/4/2021).


Delegasi dari Dipermades, Bagian Hukum Sekda Purworejo, DPRD Kabupaten Purworejo dan Perwakilan Polosoro telah melakukan audensi Ke Kemendagri. Mereka diterima oleh Bina Pemerintah Desa, Muhammad Risky.

Kepala Dipermades melalui Kabid Kapasitas,  Kelembagaan dan Sistem Informasi Desa, Bagas Adi Karyanto, Senin (12/4/2021), menjelaskan hasil rekomendasi dari Kemendagri. Pelaksanaan pilkades di 41 desa bisa berjalan terus. Sedangkan dua desa lainnya yaitu Desa Sumbersari dan Benowo, pelaksanaan pilkades gelombang berikutnya pada 2023.


Pihaknya menindaklanjuti rekomendasi itu dengan penerbitan SK Bupati. “Terbitlah SK Bupati Purworejo per Senin (12/4/2021, Nomor 160.18/170/2021 tentang Penetapan Jadwal Pelaksanaan  Kegiatan PemilihanKepala Desa Serentak di Kabupaten  Tahu 2021. Jadwal Pilkades serentak untuk 41 desa adalah 3 Mei 2021, sama seperti jadwal sebelumnya,” sebutnya.


Dia menambahkan mulai (12/4/2021) desa yang mengikuti pilkada serentak melaksanakan tahapan bakal calon (balon) yang memenuhi persyaratan, ketetapan balon menjadi calon dan pengundian nomor urut.


“Pilkada serentak dilaksanakan 3 Mei 2021 dan Daftar Pemilih Tetap (DPT) per 3 Mei 2021, Pelantikan Kepala Desa terpilih pada 30 Juni 2021. Kami lega SK Bupati Purworejo tersebut sesuai harapan kanca-kanca dari desa termasuk masukan dari DPRD terjawab setelah kita ke Kemendagri,” ujarnya.

Untuk pilkades Sumbersari dan Benowo tahun 2023, sekarang ini sudah ditunjuk pejabat sementara sebagai kades. Data yang sudah masuk ada 38 balon dari 16 desa, dan 8 Kecamatan (per 12 April 2021 petang).

Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Purworejo, Tursiyati, mengaku lega dengan terbitnya SK Bupati Purworejo tersebut. “Jadwal tersebut sesuai usulan/permintaan kami ( DPRD dan perwakilan Polosoro) sehingga dengan terbitnya jadwal tersebut kami lega dan berharap semua pemangku kepentingan bisa melaksanakan dengan tertib, aman, lancar dan sukses,” ujarnya kepada koranbernas.id.

Sekretaris Umum (Sekum) Polosoro, Dwinanto, merasa senang dengan penerbitan SK Bupati Purworejo yang berisi Pilkades serentak tetap dilaksanakan 3 Mei 2021.

“Ini yang diperjuangkan oleh teman teman Polosoro. Karena penundaan Pilkades akan membawa dampak yang kurang bagus, baik bagi calon maupun pemilih. Dampak secara ekonomi, maupun dampak secara sosial,” terang Sekum Polosoro ini. (*)



SHARE


'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini