Kamis, 22 Apr 2021,


bupati-baru-mendapat-pesan-khusus-untuk-menghadapi-pandemiGubernur DIY melantik bupati dan wakil bupati Sleman, Gunungkidul dan Bantul di Kompleks Kepatihan Yogyakarta, Jumat (26/2/2021). (Istimewa)


Yvesta Putu Ayu Palupi
Bupati Baru Mendapat Pesan Khusus untuk Menghadapi Pandemi

SHARE

KORANBERNAS.ID, YOGYAKARTA--Tiga pasangan bupati dan wakil bupati yang menang dalam Pilkada 2020 lalu, akhirnya dilantik. Pelantikan pasangan Kustini Sri Purnomo-Danang Maharsa sebagai Bupati dan Wakil Bupati Sleman, Abdul Halim Muslih-Joko Purnomo sebagai Bupati dan Wakil Bupati Bantul serta Sunaryanta-Heri Susanto sebagai Bupati dan Wakil Bupati Gunungkidul dilakukan langsung oleh Gubernur DIY, Sri Sultan HB X di Kompleks Kepatihan Yogyakarta, Jumat (26/2/2021).


Sultan dalam pelantikan ini menyampaikan pesan, akan pentingnya penanganan pandemi Covid-19. Para kepala daerah harus segera membelanjakan APBD dan Danais TA 2021.


“Agar ekonomi masyarakat pulih dan segera bangkit pada pasca vaksinasi nasional,” paparnya.

Kepala daerah juga harus fokus pada program simultan penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi daerah. Di antaranya melalui kebijakan pemberdayaan UMKM dan penyusunan Daftar Prioritas Investasi Daerah, dengan cara-cara yang ekstra ordineri dalam situasi darurat Covid-19 saat ini.


Semua elemen pemerintahan dan masyarakat, diharapkan membantu bupati dan wakil bupati dalam melaksanakan agenda pembangunan. Dengan demikian partisipasi dan kerjasama sinergis dapat memberi jaminan rasa aman dan nyaman bagi seluruh rakyat.


Apalagi masing-masing kabupaten di DIY memiliki kekayaan alam yang langka. Sleman dengan Gunung Merapi, memicu minat dan keingintahuan ahli-ahli vulkanologi dunia untuk menguak misterinya. Bantul selain memiliki wisata Pantai Parangtritis yang terkenal, juga punya kekayaan alam Gumuk Pasir Barchan di Parangkusumo, fenomena alam langka yang hanya ada di Meksiko. Sedangkan Gunungkidul mempunyai misteri pesona alam dengan panorama luar biasa indah bagaikan surga yang terabaikan.


“Jika bermaksud memasukkan program untuk menepati janji pilkada, setelah dipilah mana yang penting bagi masyarakat, silakan disisipkan pada anggaran perubahan dan pembahasan RKPD TA 2022,” paparnya. (*)

 

 

 



SHARE


'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini