Jumat, 22 Jan 2021,


bila-anak-bertanya-ke-google-guru-harus-mampu-mengimbangiRany Widayati. (istimewa)


Siaran Pers

Bila Anak Bertanya ke Google Guru Harus Mampu Mengimbangi


SHARE

KORANBERNAS.ID, YOGYAKARTA –  Menjadi guru pada era digital sepertinya tidak mudah mengingat peserta didik rata-rata mengusai perangkat digital. Tidak jarang mesin pencari Google sebagai andalan mereka. Mau tidak mau guru harus memiliki kemampuan mengimbanginya.

“Dengan adanya Google, kalau guru tidak menaikkan kapasitasnya bisa dipermalukan, dalam tanda kutip, oleh murid-muridnya karena anak-anak zaman sekarang bisa juga bertanya ke Google,” ungkap Rany Widayati, Ketua Fraksi Partai Golkar (FPG) DPRD DIY, Rabu (25/11/2020).


Kepada wartawan di DPRD DIY sehubungan dengan peringatan Hari Guru Nasional, dia mendukung upaya Pemda DIY untuk menaikkan kapasitas serta kemampuan para guru di provinsi ini.

Menurut dia, guru juga harus memiliki kemampuan pendekatan ke peserta didik. “Guru sebagai pengganti orang tua nek isa kudune menggantikan orang tua selama jam pendidikan, agar anak-anak tidak melakukan kekerasan. Sekolah menjadi nyaman dan aman,” kata dia.


Pada masa pandemi Covid-19 kali ini, pendidik justru perlu ditingkatkan perannya membimbing anak didik. “Pada posisi pandemi seperti ini harapan kami bagaimana caranya tetap ada komunikasi antara guru dengan peserta didik,” ungkapnya.

Rany menyampaikan alangkah baiknya guru melakukan jemput bola. “Entah seminggu sekali dia mendatangi rumah siswa untuk mengecek bagaimana belajar anak-anak,” kata dia. (*)



SHARE
'

BERITA TERKAIT

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini