atas1

Warga Lakukan Penyemprotan Menyeluruh

Senin, 23 Mar 2020 | 19:37:17 WIB, Dilihat 242 Kali
Penulis : Masal Gurusinga
Redaktur

SHARE


Warga Lakukan Penyemprotan Menyeluruh Relawan Desa Kahuman Kecamatan Ngawen dengan pakaian khusus melakukan penyemprotan di ruang kelas SD Negeri Kahuman, Senin (23/3/2020) pagi. (Masal Gurusinga/koranbernas.id)

Baca Juga : Semua Berbalik Sepi, Menikah Cukup Ijab Kabul tanpa Resepsi


KORANBERNAS.ID, KLATEN--Upaya pencegahan terhadap penyebaran Virus Corona atau Corona Virus Deseas (covid-19) di wilayah Kabupaten Klaten, dilakukan menyeluruh dan terorganisir dengan penyemprotan. Tidak hanya kantor-kantor pemerintahan, sekolah dan tempat ibadah, lokasi kumpul wargapun tidak luput dari kegiatan yang dilakukan serentak pada Senin (23/3/2020).

Seperti di Desa Kahuman Kecamatan Ngawen misalnya. Di desa tersebut yang menjadi sasaran penyemprotan bahan klorin, super sol dan wipol itu, yakni balai desa, sekolahan, tempat ibadah, puskesmas dan kolam pemancingan.

“Karena sekolahan sudah libur seminggu lalu, kami sudah koordinasi dan komunikasi dengan pihak sekolah. Alhamdulillah tidak ada kendala kami semprot semua,” kata Kepala Desa Kahuman Joko Sumitro, Senin (23/3/2020).

Penyemprotan terhadap sejumlah lokasi itu dilakukan dengan warga dan tokoh masyarakat yang terbagi dalam tim. Mereka membawa peralatan penyemprotan pertanian dan alat pelindung diri (APD) seperti sarung tangan, masker dan seragam khusus.

“Ada sekitar 50 personel relawan yang diterjunkan. Harapan kami dengan kegiatan ini bisa mencegah penyebaran virus corona dan jangan sampai warga kami ada yang terserang,”ujar Joko menambahkan.

Petugas Puskesmas Ngawen Kartini, yang hadir langsung di Balai Desa Kahuman menyarankan, petugas penyemprotan agar benar-benar melaksanakan tugas dengan baik dan tetap menggunakan APD.

“Teknis penyemprotannya dari atas ke bawah atau sebaliknya, biar sasaran yang di semprot kena semua. Jangan dari kanan ke kiri atau sebaliknya,” pintanya.

Rohmad Adi, salah seorang petugas penyemprot yang juga mantan Ketua RT di RW 1 mengatakan, kegiatan tersebut dilaksanakan bersama-sama dengan niat dan tujuan yang baik.

“Pokoknya kita laksanakan saja untuk menjaga wilayah agar tetap sehat dan terhindar dari virus corona. Pemerintah dan warga bersama-sama,” imbuhnya.

Di Kecamatan Karangnongko, kegiatan penyemprotan dilakukan serentak di 14 desa. Camat Karangnongko Jaka Supriyanto terjun langsung memonitor kegiatan di lapangan.

“Syukur alhamdulillah semua desa melakukan penyemprotan. Dan desa juga mentaati instruksi pemerintah,” kata mantan Camat Jogonalan itu.

Jaka Supriyanto menambahkan upaya mengantisipasi penyebaran virus corona memang tidak serta merta tanggungjawab pemerintah. Peran serta dan dukungan seluruh lapisan masyarakat sangat dibutuhkan. Karenanya, upaya antisipasi itu harus dilakukan secara bersama-sama.

Kegiatan serupa juga dilakukan di SMA Negeri 3 Klaten. Kegiatan penyemprotan dilakukan oleh petugas gabungan dari internal sekolah dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Klaten, dengan sasaran pekarangan, ruang kelas, ruang guru dan lain sebagainya. (SM)



Senin, 23 Mar 2020, 19:37:17 WIB Oleh : Arie Giyarto 5868 View
Semua Berbalik Sepi, Menikah Cukup Ijab Kabul tanpa Resepsi
Senin, 23 Mar 2020, 19:37:17 WIB Oleh : Nila Jalasutra 266 View
Sleman Bentuk Gugus Tugas Penanganan Covid-19
Senin, 23 Mar 2020, 19:37:17 WIB Oleh : Nila Jalasutra 163 View
Tahapan Pilkada Sleman Terganggu Korona

Tuliskan Komentar