atas1

Wajah Baru Taman Kota Sarbini Segera Dibuka untuk Umum

Senin, 09 Des 2019 | 14:33:44 WIB, Dilihat 265 Kali
Penulis : Nanang WH
Redaktur

SHARE


Wajah Baru Taman Kota Sarbini Segera Dibuka untuk Umum Area dalam Taman Kota Jenderal HM Sarbini di Kota Kebumen, seperti nampak Senin (9/12/2019) siang. (nanang wh/koranbernas.id)

Baca Juga : Komisi II DPR RI Pantau Kesiapan Pilkada Sleman


KORANBERNAS.ID – Wajah baru taman kota Jenderal HM Sarbini segera dibuka untuk umum. Taman kota yang menempati lahan seluas 750 meter persegi di Jalan Jenderal Achmad Yani dan Jalan Indrakila ini dibangun kembali dengan konsep baru, dilengkapi jalan dan miniatur tugu Lawet di Kota Kebumen.

“Taman kota tetap mempertahankan fungsi edukasi keselamatan berlalu lintas untuk anak anak,” kata Puguh Supriyanto, Kepala Bidang Kebersihan dan Pertamanan, Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (Dinas Perkim LH) Kebumen, kepada koranbernas.id, Senin (9/12/2019).

Wajah baru taman kota ini ada penambahan miniatur lampu lalu lintas (traffic light), jalan dan trotoir.

Menurut rencana, taman kota yang menggunakan lahan bekas terminal bus Kebumen itu akan diresmikan Sabtu (21/12/2019). Setelah diresmikan, taman kota Sarbini dibuka untuk umum. Pengelolaan taman kota tidak dipihakketigakan (swasta), seperti sebelum dibangun kembali. Dinas Perkim LH Kebumen akan mengelola taman kota itu.

“Pengunjung tidak dipungut biaya. Masuk taman dan parkir, gratis,“ kata Puguh Supriyanto.

Kebersihan di areal taman kota, selain menjadi tanggung jawab pengelola, juga diharapkan peran pengunjung taman kota. Sejumlah tempat sampah disediakan di dalam taman, sehingga pengunjung dengan mudah menemui tempat sampah jika membuang sampah.

Guru atau orang tua yang mengunjungi taman kota, bersama anak didik, diminta menjaga kebersihan. Pengawasan kebersihan taman menjadi tanggung jawab orang tua yang mengunjungi taman kota.

“Guru yang akan mengajak siswa ke taman kota, agar membekali siswa pesan-pesan, seperti menjaga kebersihan taman,“ kata Puguh Supriyanto.

Keberadaan sarana prasarana taman, serta pepohonan, diharapkan juga dijaga pengunjung taman. Aset di dalam taman agar lebih awet, menjadi tauggung jawab bersama, sehingga bisa berfungsi lebih lama. Sarana bermain anak, agar tidak dimanfaatkan untuk orang dewasa.

Taman dengan 2 pintu masuk itu dibuka untuk umum pada siang dan malam hari. Taman akan ditutup untuk umum pukul 21.00 WIB. Setalah pukul 21.00 WIB, petugas punya tanggung jawab untuk meminta pengunjung keluar dari taman.

“Kami bekerja sama dengan Satpol PP Kebumen jika ada pengunjung yang masih di dalam taman setelah jam 21.00, “ kata kata Puguh. (eru)



Senin, 09 Des 2019, 14:33:44 WIB Oleh : Nila Jalasutra 162 View
Komisi II DPR RI Pantau Kesiapan Pilkada Sleman
Senin, 09 Des 2019, 14:33:44 WIB Oleh : Muhammad Zukhronnee Ms 518 View
Malioboro Sangat Cepat Berubah
Senin, 09 Des 2019, 14:33:44 WIB Oleh : W Asmani 730 View
Isak Tangis Iringi Pemakaman Aktivis RJP

Tuliskan Komentar