atas1

UMY Miliki Taiwan Education Center

Jumat, 26 Jul 2019 | 08:46:00 WIB, Dilihat 371 Kali - Oleh Muhammad Zukhronnee Ms

SHARE


UMY Miliki Taiwan Education Center Jhon Chen didampingi Gunawan Budiyanto menggunting pita sebagai penanda dibukanya Taiwan Education Center di UMY, Kamis (25/7/2019). (muhammad zukhronnee ms/koranbernas.id)

Baca Juga : Inilah Aplikasi Penjaga Kejadian Kedaruratan di UGM


KORANBERNAS.ID--Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) melaksanakan berbagai macam kegiatan dan program internasionalisasi dengan menjalin serta menguatkan kerjasama dengan beberapa mitra internasional.

Selama ini, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta sudah menjalin kerjasama dengan banyak mitra internasional khususnya institusi pendidikan di luar negeri. Semua diimplementasikan dalam nota kesepahaman dan nota kesepakatan.

Dari sekian banyak kerjasama yang telah dibuat, sebanyak 21 diantaranya adalah dengan universitas-universitas di Taiwan.

Di sisi lain, Pemerintah Taiwan-pun terus berupaya untuk mengembangkan kerjasama di bidang pendidikan dengan negara-negara mitra salah satunya Indonesia, melalui pembukaan Taiwan Education Center di universitas-universitas Indonesia. Salah satunya adalah Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Taiwan Education Center (TEC) dibuka dan diresmikan pada Kamis (25/7/2019) di Gedung AR Fakhruddin A, lantai 5 Kampus Terpadu UMY. Taiwan Education Center yang akan ditempatkan di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta merupakan inisiasi dari Taipei Economic and Trade Office (TETO) dan Taiwan Education Center Indonesia (TEC).

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta menjadi salah satu universitas yang diberikan kepercayaan oleh TETO, TEC Indonesia, dan universitas-universitas di Taiwan sebagai tempat untuk mendirikan Taiwan Education Center.

Sebelumnya, hubungan UMY dengan pemerintah dan universitas-universitas Taiwan juga sudah berjalan sangat baik. Semua itu bisa dilihat dari terpilihnya UMY menjadi host university untuk acara Taiwan Higher Education Fair tahun 2017 dan 2019.

UMY juga merupakan satu dari tiga universitas di Indonesia yang menjadi tuan rumah Taiwan Higher Education Fair tahun 2019.

Pembukaan Taiwan Education Center di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta bertujuan untuk menguatkan dan memperluas kerjasama antara UMY dengan pemerintah Taiwan khususnya TETO dan TEC Indonesia, juga universitas-universitas Taiwan.

Taiwan Education Center juga memiliki manfaat bagi mahasiswa UMY yang ingin melanjutkan studi ke Taiwan, maupun yang akan melakukan program seperti pertukaran pelajar ke Taiwan.

Rektor UMY Ir. Dr. Gunawan Budiyanto saat membuka Taiwan Education Center di Lantai 2 Gedung D Universitas Muhammadiyah Yogyakarta menyampaikan, dengan masuk ke program international ini, maka peluang lebih besar untuk mengambil program master ke Taiwan dengan bantuan beasiswa.

“Apalagi jika ingin jadi masyarakat internasional. Jadi sudah bukan saatnya kalian cuma sampai ke Bantul, Semarang dan Magelang. Itulah mengapa kita serius sekali membuka Taiwan Education Center ini,” katanya.

Ambassador Taiwan for Indonesia, Jhon Cen mengatakan, Yogyakarta merupakan salah satu kota dengan jumlah pelajar dan mahasiswa terbanyak.

“Oleh karena itu, adanya TEC di UMY, menjadi sumber informasi terkait studi di Taiwan. Di Indonesia sudah didirikan 3 tempat TEC, yaitu di Jakarta, Surabaya dan ini yang ketiga di Yogyakarta,” kata Chen. (SM)



Jumat, 26 Jul 2019, 08:46:00 WIB Oleh : Muhammad Zukhronnee Ms 924 View
Inilah Aplikasi Penjaga Kejadian Kedaruratan di UGM
Jumat, 26 Jul 2019, 08:46:00 WIB Oleh : warjono 621 View
Di Sleman, Puluhan Guru Berebut Sampah Plastik
Jumat, 26 Jul 2019, 08:46:00 WIB Oleh : Putut Wiryawan 363 View
Anak-anak Tertawa Ceria Saat Dikunjungi Tentara

Tuliskan Komentar