ucapan-selamat-mengalir-usai-mendes-menerima-gelar-doktorPenganugerahan Doktor Kehormatan kepada Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Abdul Halim Iskandar. (istimewa)


sholihul

Ucapan Selamat Mengalir Usai Mendes Menerima Gelar Doktor

SHARE

KORANBERNAS.ID, YOGYAKARTA – Ucapan selamat mengalir dari bebagai kalangan tak berselang lama usai Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar, memperoleh anugerah gelar Doktor Kehormatan atau Doctor Honoris Causa (HC) bidang Manajemen Pemberdayaan Masyarakat dari Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sabtu (11/7/2020), di kampus setempat.

Tak hanya karangan bunga tanda bahagia, ucapan selamat disampaikan langsung anggota Fraksi Kebangkitan Bangsa (FKB) DPR RI, Sukamto. Legislatif dari daerah pemilihan DIY ini menyebut pemikiran menteri sangat lengkap dan luar biasa.


Baca Lainnya :

“Ternyata saat kita dengarkan pidato beliau sangat luar biasa, mencakup segala aspek mulai dari pendidikan, pembangunan, desa mandiri. Cita-cita beliau ini jauh lebih lengkap dari apa yang kita pikirkan bersama,” ungkap Sukamto.

Menyimak orasi ilmiahnya, lanjut dia, Abdul Halim layak menjadi menteri dua kali periode. “Menurut saya, paling tidak dua kali periode saja menjadi Menteri Desa maka beliau akan membawa kemajuan bagi bangsa dan negara,” ucapnya.


Baca Lainnya :

Sukamto menilai program-program Menteri Desa sangat lengkap. “Kita belum pernah mendengar program menteri selengkap beliau. Menurut saya, satu-satunya menteri yang paling lengkap programnya adalah Menteri Desa. UNY tepat sekali memberikan gelar doktor untuk beliau,” tandasnya.

Diakui, program-program tersebut tidak bisa seketika berhasil mengingat pembangunan desa ke depan tantangannya makin berat.

Sudah pasti, program-program itu harus mendapatkan dukungan dari banyak pihak termasuk penegak hukum, mendapatkan pengawasan yang benar serta dukungan dari pemerintah. Secara otomatis dukungan harus disertai dana serta sarana dan prasana.

“Terus terang saja, pikiran kita menjadi terbuka setelah mendengarkan orasi ilmiah beliau, desa harus begini dan begini. Indonesia akan menjadi sangat maju jika cita-cita beliau kita dukung bersama. Kita ucapkan selamat. Sukses,” kata mantan anggota DPRD DIY ini.

Anggota DPR RI, Sukamto. (sholihul hadi/koranbernas.id)

Dana desa

Abdul Halim Iskandar merupakan alumnus S1 Filsafat dan Sosiologi Pendidikan UNY tahun 1987. Gelar Doktor ini dipromotori oleh Prof Dr Yoyon Suryono dan Prof Dr Sugiyono.

Dalam orasi ilmiahnya Abdul Halim menyatakan menyiapkan peraturan mengenai prioritas penggunaan dana desa. Tujuannya agar desa mampu meraih rebound ekonomi.

Menurut dia, kebijakan desa mutakhir disusun berkaitan erat dengan kondisi nasional saat ini, terutama pandemi Covid-19. Penggunaan dana desa akan difokuskan pada penyediaan prasarana terutama di daerah-daerah belum berlistrik dan berinternet.

Dengan kata lain, seluruh prioritas penggunaan dana desa 2020 diarahkan untuk memenuhi tujuan pembangunan berkelanjutan.

Rektor UNY  Prof  Dr Sutrisna Wibawa menyatakan penganugerahan gelar ini semakin mengukuhkan sinergi antara perguruan tinggi dengan Kementerian Desa PDTT.

“Desa yang kuat akan menguatkan Indonesia. Abdul Halim Iskandar dalam praksis kebijakannya layak dianugerahi gelar Doktor Honoris Causa bidang Manajemen Pemberdayaan Masyarakat,” kata dia. (sol)



SHARE

BERITA TERKAIT

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini