atas

UAD Tuan Rumah, UGM Juarai Pomda Catur

Senin, 03 Des 2018 | 19:21:28 WIB, Dilihat 98 Kali - Oleh Yvesta Putu Sastrosoendjojo

SHARE


UAD Tuan Rumah, UGM Juarai Pomda Catur Para atlet catur bertanding dalam Pomda DIY di Kampus IV UAD, Senin (3/12/2018). (yvesta putu sastrosoendjojo/koranbernas.id)

Baca Juga : Penting, Mendorong Industri Obat Herbal sebagai Alternatif


KORANBERNAS.ID -- Tim percasi dari UGM berhasil membawa pulang medali emas dalam Pekan Olahraga Mahasiswa Daerah (pomda) tingkat DIY untuk cabang olahraga (cabor) catur dalam pertandingan di Kampus IV Universitas Ahmad Dahlan (UAD), Senin (3/12/2018). Tim tersebut mengalahkan tim dari 15 perguruan tinggi(PT) di DIY, baik negeri maupun swasta.

Pomda cabor catur kali ini diikuti 43 atlet catur yang terdiri 30 atlet putra dan 13 atlet putri.  Mereka berasal dari UAD, Universitas Kristen Immanuel (UKRIM), Sekolah Tinggi Teknologi Nasional (STTNas), Universitas Widya Mataram (UWM), Universitas Mercu Buana (UMB), Politeknik LPP, Stikes Bethesda Yakkum, Akademi Pertanian Yogyakarta, Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Islam Indonesia (UII), Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga, Akademi Keperawatan (AKPER) Notokusumo, Akademi Perindustrian, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) YKPN, dan STIMIK Akakom.

Jumaryanto, wasit pertandingan mengungkapkan peserta dalam Pomda ini merupakan mahasiswa dari PT yang tergabung dalam Badan Pembina Olahraga Mahasiswa (BAPOMI) DIY. Mereka mengikuti turnamen mewakili kampus, baik dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) maupun perseorangan.

"Hasil seleksi pomda ini nanti akan digunakan bapomi dalam proses seleksi pomnas," ungkapnya.

Menurut Jumaryanto, potensi pengembangan cabor catur di DIY cukup menjanjikan. Terbukti banyak atlet-atlet berbakat lahir dari kota ini hingga ke level internasional.

Berbagai turnamen maupun kompetisi pun rutin digelar di sejumlah tempat hampir setiap bulannya. Karenanya banyak bibit atlet baru yang muncul di kota pelajar ini.

"Ada regenerasi atlet catur dari jogja karena banyak turnamen yang digelar secara rutin," ujar atlet catur nasional tersebut.

Para juara dalam Pomda DIY di Kampus IV UAD, Senin (3/12/2018). (yvesta putu sastrosoendjojo/koranbernas.id)

Ketua Panitia Pomda DIY Cabang Catur, Dr Dedi Pramono, MHum mengungkapkan turnamen tersebut dimasudkan agar bisa memberikan semangat kepada mahasiswa untuk mengembangkan berbagai cabor. Dengan demikian kampus bisa mendirikan UKM.

“UAD menjadi tuan rumah catur walaupun belum punya UKM. Kami mendorong agar mahasiswa bisa mendirikan ukm," ungkapnya.

Sementara Danang Sukantar, Kepala Bidang Pengelolaan dan Pengembangan Kemahasiswaan UAD, mengatakan, kampus tersebut berencana mengembangkan UKM Catur. Saat ini mahasiswa dikumpulkan untuk membentuk komunitas catur.

"Dari komunitas ini nantinya selama dua tahun dilakukan pembinaan dan pengurusan ijin sehingga bisa menjadi ukm," imbuhnya.(yve)



Senin, 03 Des 2018, 19:21:28 WIB Oleh : Surya Mega 96 View
Penting, Mendorong Industri Obat Herbal sebagai Alternatif
Senin, 03 Des 2018, 19:21:28 WIB Oleh : Masal Gurusinga 57 View
DPU Waspadai Gorong-gorong Bonyokan Jatinom
Senin, 03 Des 2018, 19:21:28 WIB Oleh : Surya Mega 93 View
Pemilihan OSIS, Ajang Adu Program dan Kepekaan Sosial Siswa

Tuliskan Komentar