atas1

TPA pun Ada Jembatan Timbangnya

Kamis, 31 Okt 2019 | 23:17:53 WIB, Dilihat 144 Kali - Oleh Masal Gurusinga

SHARE


TPA pun Ada Jembatan Timbangnya Satu unit truk sampah tengah melakukan uji coba jembatan timbang di TPA Troketon Pedan Klaten

Baca Juga : Kebutuhan Air di Sleman Meningkat


KORANBERNAS.ID - Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah milik Pemkab Klaten di Desa Troketon Kecamatan Pedan dilengkapi fasilitas jembatan timbang. Fungsi jembatan tersebut untuk mengetahui tonase sampah yang masuk setiap hari.

Pembangunan jembatan timbang tersebut dilaksanakan tahun ini bersamaan dengan tanggul dan landfill. Namun sayangnya, dari tiga paket pekerjaan itu ternyata pembangunan landfill yang bermasalah karena tidak selesai hingga kontrak kerja berakhir.

Saat ditemui di lokasi jembatan timbang sampah TPA Troketon, Widodo, salah seorang staf Bidang Kebersihan dan Pertamanan (KP) Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPU PR), Kamis (31/10/2019) menjelaskan setelah proyek jembatan timbang selesai maka kelak seluruh armada harus masuk sini.

"Seluruh armada harus masuk sini untuk ditimbang muatannya. Ya dump truk, pikap dan roda tiga tetap ditimbang untuk mengetahui tonase sampahnya," kata Widodo.

Pada uji coba tadi siang hanya beberapa armada dump truk saja yang dilakukan penimbangan muatan. Itu dilakukan sekaligus untuk mengetahui kondisi alat dan cara mengoperasikannya.

Cukup mengetik nama sopir dan nomor polisi kendaraan, operator mesin timbang bisa mengetahui beberapa muatan kendaraan yang dibawa.

TPA sampah di Desa Troketon Kecamatan Pedan merupakan satu-satunya TPA di Kabupaten Klaten setelah TPA sementara di Desa Candirejo Kecamatan Ngawen sudah tidak boleh lagi digunakan menyusul berakhirnya kerjasama antara DPU dengan Pemdes Candirejo pada tahun 2017 lalu.

Praktis setelah dibangunnya TPA Troketon oleh Pemkab Klaten seluruh sampah di wilayah Kabupaten Klaten dibuang disana. (yve)



Kamis, 31 Okt 2019, 23:17:53 WIB Oleh : Nila Jalasutra 87 View
Kebutuhan Air di Sleman Meningkat
Kamis, 31 Okt 2019, 23:17:53 WIB Oleh : Nila Jalasutra 107 View
Warga Tak Mampu Peroleh Bansos
Kamis, 31 Okt 2019, 23:17:53 WIB Oleh : Muhammad Zukhronnee Ms 764 View
Setelah Juarai Miss Youth 2019, Remaja Asal Sleman In ke Ajang Internasional

Tuliskan Komentar