atas1

Tentara pun Mahir Mainkan Gamelan..

Minggu, 09 Feb 2020 | 13:07:12 WIB, Dilihat 222 Kali
Penulis : Redaktur
Redaktur

SHARE


Tentara pun Mahir Mainkan Gamelan.. Penampilan grup Karawitan Korem 071/Wijayakusuma. (istimewa)

Baca Juga : Ini Pesan Khusus untuk Kader Muda Muhammadiyah


KORANBERNAS.ID, BANYUMAS – Mengenakan seragam dinas, sejumlah tentara dari Korem 071/Wijayakusuma terlihat mahir saat memainkan gamelan. Grup karawitan ini tampil memeriahkan pembukaan Festival Karawitan dalam rangka memperingati Hari Jadi  ke-449 tahun Kabupaten Banyumas Jawa Tengah.

Festival yang berlangsung di  Pendopo Wakil Bupati Banyumas Purwokerto, Sabtu (8/2/2020), kali ini memperebutkan piala bergilir Bupati Banyumas dan piala tetap Wakil Bupati Banyumas. Peserta berasal dari 24 sekolah terdiri 18 SD dan 6 dari SMP.

Grup Karawitan Korem 071/Wijayakusuma yang dikomandani Kasipersrem Letkol Inf Harton SPd itu dengan lancar memainkan gendhing-gendhing yang dibawakan.

Danrem 071/Wijayakusuma Kolonel Kav Dani Wardhana S Sos MM M Han menyampaikan, yang dilakukan anak buahnya selain untuk menyemarakkan acara juga membangkitkan generasi muda dalam nguri-uri budaya bangsa.

“Festival sangat baik  untuk membangkitkan semangat generasi muda agar budaya bangsa kita yang telah diwariskan leluhur tidak hilang dan punah karena arus globalisasi,” ujarnya.

Dia berharap melalui kegiatan ini dapat tumbuh kepedulian generasi muda untuk turut nguri-uri warisan seni budaya Banyumasan khususnya karawitan.

Selain itu juga untuk menumbuhkan rasa cinta dan bangga generasi muda Banyumas terhadap budaya daerahnya.

“Kegiatan ini juga sangat positif untuk menumbuhkan rasa kekeluargaan, menanamkan nilai-nilai luhur, menghilangkan sifat negatif, menumbuhkan kreativitas serta memupuk kerja sama tim,” ujarnya.

Kolonel Dani sangat mengapresiasi festival karawitan ini sebagai upaya pelestarian, pengenalan dan pengembangan budaya.

"Walaupun berada di era kemajuan teknologi dan perubahan lingkungan strategis, peninggalan budaya harus tetap dijaga agar keberadaanya tetap eksis dan terus berkembang," tandasnya. (sol)

 



Minggu, 09 Feb 2020, 13:07:12 WIB Oleh : Sholihul Hadi 259 View
Ini Pesan Khusus untuk Kader Muda Muhammadiyah
Minggu, 09 Feb 2020, 13:07:12 WIB Oleh : Redaktur 141 View
Tahun Ini TNI AD Rekrut 17 Ribu Prajurit
Sabtu, 08 Feb 2020, 13:07:12 WIB Oleh : Sholihul Hadi 157 View
DPR RI Heran Pemerintah Lamban Respons Corona

Tuliskan Komentar