atas1

Tentara dan Polisi Menjaring Sampah dari Sungai

Selasa, 30 Jul 2019 | 19:59:41 WIB, Dilihat 624 Kali - Oleh Putut Wiryawan

SHARE


Tentara dan Polisi Menjaring Sampah dari Sungai Sampah memenuhi permukaan Kali Rompang Sokaraja Banyumas. (istimewa)

Baca Juga : Ratusan Dusun di DIY Sulit Air, Perlu Solusi Permanen


KORANBERNAS.ID –  Ratusan tentara dan polisi bersama pemerintah kecamatan dan Desa Sokaraja, masyarakat serta organisasi kemasyarakatan, nyemplung bareng menjaring sampah dari Kali Rompang, Selasa (30/7/2019).

Sungai yang daerah aliran sungainya tepat berada di belakang Ksatrian Makorem 071/Wijayakusuma  Banyumas itu dibersihkan mulai dari belakang pasar Sokaraja hingga Desa Kalibagor.

Sebelumnya, sungai itu kondisinya sangat memprihatinkan. Banyak kotoran berupa limbah rumah tangga di sepanjang aliran sungai tersebut.

Hal ini membuat Korem 071/Wijayakusuma bergerak cepat  mengatasi pencemaran lingkungan.

Petugas TNI, Polri dan warga menjaring sampah dari Kali Rompang. (istimewa)

Danrem 071/Wijayakusuma Kolonel Kav Dani Wardhana S Sos MM M Han melalui Kasiterrem 071/Wijayakusuma Letkol Inf Sapto Broto SE mengatakan, kegiatan karya bakti ini semata-mata melaksanakan program serbuan teritorial, untuk mempelopori  kepedulian lingkungan membersihkan saluran air Sungai Rompang.

Sebagai prajurit kewilayahan, Korem 071/Wijayakusuma merasa terpanggil untuk turut berperan aktif dan bertanggungjawab atas kebersihan lingkungan sekitar.

"Kegiatan yang kita lakukan ini, wujud nyata TNI dan Polri bersama masyarakat dalam membantu menciptakan kebersihan lingkungan di sekitar ksatrian maupun di tengah lingkungan masyarakat," terangnya.

Sinergitas TNI, Polri dan masyarakat dalam kegiatan bersih-bersih Sungai Rompang untuk memotivasi dan mengimbau masyarakat agar turut serta peduli dengan lingkungannya. Masyarakat perlu memiliki kesadaran tidak membuang sampah sembarangan di sungai.

"Sungai Rompang merupakan sumber penghidupan masyarakat sekitar, karena sungai ini berfungsi untuk mengaliri air ke lahan-lahan warga. Apabila sungai Rompang ini kotor, tanaman padi atau tanaman lainnya dapat gagal panen terkontaminasi limbah,” ungkapnya.

Dia berharap warga di sekitar daerah aliran Sungai Rompang jangan membuang sampah atau limbah ke sungai. “Buanglah sampah pada tempatnya. Sungainya bersih, airnya sehat, masyarakatnya sejahtera," kata dia. (iry)



Selasa, 30 Jul 2019, 19:59:41 WIB Oleh : Sholihul Hadi 234 View
Ratusan Dusun di DIY Sulit Air, Perlu Solusi Permanen
Selasa, 30 Jul 2019, 19:59:41 WIB Oleh : Sholihul Hadi 164 View
Surya Paloh Sebut Buya Safii Senior Dekatnya
Selasa, 30 Jul 2019, 19:59:41 WIB Oleh : Sari Wijaya 285 View
Bidik Orang Pinggiran, Karya Fotografi Mahasiswa UMBY Dijual untuk Amal

Tuliskan Komentar