Sabtu, 16 Jan 2021,


tempatnya-bersih-sotonya-segar-dan-gurihSeorang pelanggan otomatis cuci tangan sebelum masuk watung soto daging sapi di dekat pertigaan Cepit Jalan Bantul. Fasilitas cuci tangan ini tersedia sejak tiga tahun lalu sebelum pandemi Covid-19. (arie giyarto/koranbernas.id)


Arie Giyarto

Tempatnya Bersih Sotonya Segar dan Gurih


SHARE

KORANBERNAS.ID, YOGYAKARTA --  Warung soto sapi di dekat pertigaan Cepit Jalan Bantul itu memang tidak luas namun terkesan bersih. Di dekat pintu masuk tersedia tempat cuci tangan dengan air mengalir dilengkapi sabun cair.

Rabu (2/12/2020) siang itu banyak pengunjung berdatangan, langsung antre membersihkan tangan. “Biasanya pelanggan otomatis membersihkan tangan dulu sebelum masuk warung,” kata bu Siti, karyawati Warung Soto Daging Sapi Cabang Pak Man Tamansari kepada koranbernas.id.


Berapa hari harus menambah sabun cair, menurut dia, itu sangat tergantung jumlah pengunjung. Kadang-kadang dua hari sekali, lebih atau bahkan tiga hari sekali, tetapi juga sering belum dua hari sudah habis.

Sejak kapan warung ini menyediakan tempat cuci tangan? Sejak pandemi virus Corona merebak bulan Maret kah? Jawabannya mencengangkan.


Woo, kalau di sini sudah sejak warung ini buka tiga tahun lalu,” kata Siti yang hari itu didampingi Ny Titik, sesama karyawati di sela-sela melayani pembeli.

Awalnya Heru selaku pemilik warung menyediakan tempat cuci tangan dengan harapan ketika pelanggan makan di tempat dalam kondisi tangan bersih. Maklum tempatnya di pinggir jalan besar sehingga bukan tidak mungkin mereka baru saja menempuh perjalanan jauh.

Bedanya dengan sekarang, hampir semua pelanggan yang datang mengenakan masker sesuai protokol kesehatan, langsung mencuci tangan karena pada dinding pintu masuk diingatkan dengan tulisan “Tempat Cuci Tangan”.

Seger gurih

Soto daging sapi di Cepit ini kuahnya bening. Rasanya terkenal seger dan gurih. Apa bumbu khasnya?

Wah saya kurang tahu. Yang mbumboni Pak Heru sendiri. Saya tinggal ngasih garam pada mangkok-mangkok saat akan dihidangkan,” kata Siti.

Soto Daging Pak Man di Tamansari berada di sebelah timur Soto Pak Marto. Tepatnya timur jembatan Kali Winongo. Kalau Anda terlalu jauh harus ke Cepit bisa juga ke Tamansari. Cita rasanya sama karena yang di Cepit merupakan cabangnya.

Jadi, makan soto di sana serasa komplet. Tempatnya bersih, sotonya seger dan gurih. (*)



SHARE
'

BERITA TERKAIT

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini